Sabtu, 23 Februari 2019

Pelaku IKM Didorong Bersertifikat Halal

LEBAK, (KB).- Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar (Disperindagpas) Lebak mendorong, agar pelaku industri kecil menengah (IKM) memiliki sertifikat halal. Hal tersebut bertujuan, agar IKM di Lebak bisa semakin berkembang.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Bidang Industri Kecil Disperindagpas Lebak Yasin mengatakan, pemerintah daerah sangat komitmen dalam upaya mendorong IKM bersertifikat halal. Namun demikian, pemberlakuan sertifikasi halal tersebut, dilakukan secara bertahap, karena terkendala anggaran.

“Seiring dengan semakin berkembangnya IKM, maka perlu didorong juga mengenai sertifikat halal,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (1/2/2019).

Ia menuturkan, sebanyak 40 IKM saat ini sedang dalam proses upaya sertifikat halal dari MUI. Memang, belum semua IKM memiliki sertifikat halal. Namun, pihaknya terus mendorong hal tersebut. Karena, sertifikat halal sangat penting untuk keamanan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat Muslim dan juga non-Muslim.

“Dengan sertifikat halal, IKM juga bisa berdaya saing di pasara domestik maupun mancanegara,” ucapnya.

Menurut dia, semua poduk makanan yang bersertifikat halal akan ditinjau dan diawasi oleh petugas dari MUI dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), mulai dari proses produksi, bahan baku produksi, dan kemasan.

“Kami juga terus mendorong peningkatan standar kualitas produk IKM dengan peningkatan kemasan, pemberian barcode, termasuk juga perizinannya,” tuturnya.

Pemberlakukan standar tersebut, atas permintaan perusahaan ritel yang menampung produk IKM.

“Kami kerja sama dengan perusahaan ritel Alfamart dan Indomaret dengan menampung produk IKM. Kami yakin dengan sertifikal halal itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya. (ND)*


Sekilas Info

Miliki Nilai Ekonomi Tinggi, Budidaya Melon Golden Tingkatkan Pendapatan Petani

SERANG, (KB).- Petani melon di Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, untuk pertama kalinya melakukan panen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *