Pelaksanaan MTQ XVI Provinsi Banten Spektakuler

Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan rasa bangga atas penyelenggaraan MTQ XVI tahun 2019 di Kota Tangerang berjalan sukses dan spektakuler. Secara umum MTQ XVI tahun 2019 berjalan dengan baik, lancar dan penuh kreativitas mulai dari pembukaan, pelaksanaan hingga penutupan.

Begitu juga dalam memberikan pelayanan kepada seluruh kafilah dan para dewan hakim. Gubernur Banten mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang Syachrudin, jajaran LPTQ Banten, bupati/wali kota serta berbagai elemen masyarakat dan instansi pemerintah atas pelaksanaan pembukaan dan penutupan yang sangat megah dan berkesan. Sehingga membuat warga enggan beranjak dari tempat duduknya.

“Ketika MTQ dilaksanakan di Kota Metropolitan khawatir sepi tetapi justru pengunjung banyak. Ini menunjukkan Alquran dicintai masyarakat Kota Tangerang dan masyarakat Banten pada umumnya. Kita berharap terus membumikan nilai-nilai Alquran. Semoga negeri Banten menjadi daerah yang baldatun toyyibatun warabbun ghofur,” kata WH saat acara penutupan MTQ XVI di halaman Pusat Pemerintahan (Puspemkot) Tangerang, Jumat (29/3/2019) malam.

Selanjutnya, gubernur mengucapkan selamat kepada para pemenang, khususnya kepada juara umum, baginya ini juga menandakan bahwa Alquran dicintai oleh masyarakat Banten dan ini adalah harapan setiap pelaksanaan MTQ yang utamanya adalah menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalam Alquran, baik untuk diri kita, keluarga hingga seluruh warga masyarakat, sehingga akan tercipta negeri Banten yang Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr.

Sekretaris Dewan Hakim MTQ XVI Uesul Qurni menyampaikan hasil keputusan dewan hakim menetapkan Kota Tangerang Selatan dinobatkan sebagai juara umum setelah meraih nilai tertinggi, yang merupakan kumulatif dari setiap nilai setiap peserta dari seluruh cabang yang diperlombakan .

Dengan demikian, Kota Tangsel kembali meraih sukses merebut gelar juara umum untuk keenam kali yakni pada 2010, 2015, 2016, 2017, 2018 dan pada 2019 ini Tangsel berhak menerima kembali piala juara umum MTQ yang diserahkan langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim kepada Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Sementara juara II diraih Kota Tangerang dengan 81, juara III oleh Kabupaten Serang dengan nilai 76, urutan keempat ditempati Kabupaten Pandeglang dengan nilai 71, kelima oleh Kabupaten Tangerang dengan nilai 52, keenam diraih Kabupaten Lebak sebesar 40, ketujuh diraih Kota Cilegon dengan nilai 9 dan terakhir ditempati Kota Serang dengan nilai 8.

Diketahui, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI tingkat Provinsi Banten di Kota Tangerang telah berlangsung di 13 venue yang tersebar di berbagai lokasi seperti Masjid Al Azhom, Masjid Sari Asih Karawaci, Masjid Istiqomah Babakan dan lainnya.
Sebagai tuan rumah, pelaksanaan MTQ di Kota Tangerang berjalan sukses dan lancar.

“Alhamdulillah kepada masyarakat Kota Tangerang, pelaksanaan MTQ berjalan dengan baik dan telah memberikan prilaku yang baik pula,” ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Ia menjelaskan, niat Pemkot Tangerang menambah jumlah kunjungan dengan menampilkan suguhan terbaik bagi masyarakat Banten dan Kota Tangerang khususnya. “Yang jelas Kota Tangerang berusaha menjadi tuan rumah yang baik dengan menampilkan acara yang terbaik,” ucapnya.

Ketua Harian LPTQ Banten Syibli Sarjaya mengatakan, pihaknya akan melakukan pembinaan lanjutan pada peraih juara MTQ tingkat Provinsi Banten. Dari pembinaan ini akan dilihat mana peraih juara yang bisa mewakili Provinsi Banten pada MTQ tingkat nasional.

“Jadi ada kesepakatan antara LPTQ Banten dengan kabupaten/kota juga bahwa juara pertama di tingkat MTQ Banten tidak mutlak untuk dikirim ke MTQ tingkat nasional di Pontianak, Kalimantan Barat. Kami akan kirim yang terbaik,” kata Syibli saat dihubungi melalui telepon, Ahad (31/3/2019). (DA/adv)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here