Pelabuhan Warnasari Dapat Mensejahterakan Masyarakat Cilegon

HARAPAN Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon untuk memiliki pelabuhan segera terwujud. Pemkot Cilegon melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) kini sedang membangun pelabuhan di pantai Warnasari, dengan nama Pelabuhan Warnasari.  Luas lahan yang digunakan untuk pelabuhan sekitar 364.408 m² dari luas lahan 450.000 m² yang dimiliki Pemkot Cilegon.

Kabarnya, Pelabuhan Warnasari akan dilengkapi fasilitas berupa Trestel 1090 x 15 m dengan struktur deck on pile, Jetty 280mx40 m untuk curah kering dengan struktur deck in pile, dan Jetty 470m x 15 m untuk curah cair dengan struktur deck on pile.Selain itu, kelengkapan lain yang tersedia di pelabuhan ini yakni gudang tertutup dengan kapasitas 500.000 metrik ton, dilengkapi dengan konveyor dengan jembatan timbang sebanyak 4 unit berkapasitas masing-masing 120 ton, serta tangki timbun dengan kapasitas 500.000 kiloliter dilengkapi dengan instalasi pompa dan perpipaan yang dilengkapi dengan flow meter, akses jalan 3.000 x 26 meter.

Dalam membangun pelabuhan tersebut, PT PCM selaku perusahaan BUMD menggandeng PT Bosowa dan PT Pelindo II. Dimulainya pembangunan pelabuhan tersebut, ditandai dengan Ground breaking , Rabu (30/8/2017). Peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Warnasari terkesan meriah, dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Selain itu juga hadir Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Faik Fahmi, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, dan unsure pimpinan daerah setempat. Seluruh pejabat Pemkot Cilegon dan kalangan tokoh masyarakat beserta warga Kota Cilegon, juga tampak hadir membanjiri lokasi tempat dilaksanakannya groundbreaking pembangunan Pelabuhan Warnasari.  Mereka menyambut pembangunan pelabuhan tersebut.

Momentum penting

Wali Kota Cilegon, Tb. Iman Ariyadi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Cilegon yang antusias menghadiri acara ground breaking ini. “Kehadiran masyarakat Kota Cilegon yang berduyun-duyun menghadiri acara ground breaking ini merupakan salah satu bukti antusiasme masyarakat dengan dibangunnya pelabuhan ini,” ujarnya. Menurut Iman, Pelabuhan Warnasari dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon. Ground breaking Pelabuhan Warnasari merupakan momentum penting bagi Pemerintah Kota Cilegon untuk memiliki pelabuhan daerah, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karena dapat dipastikan, berdirinya Pelabuhan Warnasari akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Cilegon.

Pelabuhan ini juga nantinya akan menyerap tenaga kerja yang banyak, sehingga mampu menjadi solusi dalam mengurangi angka pengangguran. Karena itu Wali Kota Cilegon  berharap selalu diberikan dukungan dalam setiap tahapan pembangunan Pelabuhan Warnasari. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Menteri, kehadiran Bapak Menteri sangat berarti bagi kami, dan kami mengharapkan agar Bapak Menteri senantiasa mendukung langkah-langkah kami pada setiap tahapan Pembangunan Pelabuhan Warnasari,” ucap Iman.

Langkah positif

Sementara itu, Menhub Budi Karya dalam sambutannya mengapresiasi langkah Wali Kota Cilegon dalam pembangunan pelabuhan mengikutsertakan perusahaan swasta.  Menurut Budi, langkah yang dilakukan Wali Kota Cielgon dalam membangun pelabuhan merupakan langkah positif dalam mensejahterakan masyarakat.  Pada kesempatan itu, Menhub menyatakan akan memberikan support langkah Wali Kota Cilegon. Menhub juga berjanji akan membantu perijinan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Ir. Sari Suryati menilai, pembangunan Pelabuhan Warnasari sangat penting, selain dapat meningkatkan PAD, juga dapat menyerap ribuan tenaga kerja. Pembangunan pelabuhan tersebut, kata Sari, menunjukkan bahwa Kota Cilegon mampu berdaya saing.
“kami berharap di tahun 2019,pelabuhan warnasari bisa beroperasi,”ujar Sari. Wakil Walikota Cilegon Edi Ariadi mengaku optimistis, Pelabuhan Warnasari dapat meningkatkan PAD dan menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Kota Cilegon. Selama ini sumber PAD Kota Cilegon hanya mengandalkan pajak dan retribusi lainnya, akan tetapi ke depan dengan adanya Pelabuhan Warnasari,tentunya pendapatan bisa lebih besar lagi. *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here