Pekerjaan Penambahan Lajur Tol Cikupa-Balaraja, PT MMS Perketat Keamanan

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Sunarto Sastrowiyoto (kiri) didampingi Direktur Keuangan dan Administrasi PT Marga Mandalasakti, Halim Wahjana (kanan) menjawab pertanyaan awak media saat kegiatan Meet & Greet Journalist 2018 di Ruang William Soeryadjaja Lantai 8, Gedung Astra International, Jakarta, Kamis (22/2/2018).*

JAKARTA, (KB).- Astra Infra Toll Road Tangerang Merak (Astra Tol Tamer) melalui PT Marga Mandala Sakti (MMS) memperketat keamanan pekerjaan penambahan lajur jalan tol Cikupa-Balaraja. Hal itu menyikapi banyaknya pekerjaan infrastruktur yang sedang mapun telah dikerjakan roboh atau ambruk. Diketahui, dalam bulan ini sejumlah kejadian longsornya underpass Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), robohnya Jembatan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di Bogor, jatuhnya box girder pada proyek light rail transit (LRT) di Utan Kayu, Jakarta Timur dan juga ambruknya bekisting pierhead proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

“Selama pekerjaan penambahan lajur Cikupa Balaraja, kami perketat keamanan dengan memasang pagar di kiri dan kanan jalan untuk lebih rapi. Tapi, kalau ada kekurangan, kami selalu evaluasi,” kata Direktur Operasi dan Teknik PT Marga Mandala Sakti, Sunarto Sastrowiyoto Sunarto kepada wartawan seusai acara “Meet & Greet Journalist 2018 dengan tema “Synergy of Excellent” di Ruang William Soeryadjaja Lantai 8 Gedung Astra International Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Acara tersebut dihadiri Presiden Direktur PT MMS Wiwiek D Santoso, Direktur Administrasi dan Keuangan PT MMS Halim Wahjana, Senior General Manager PT Astra International Yulian Warman, dan Kepala Divisi Hukum dan Humas PT MMS Indah Permanasari. Ia mengatakan, saat ini PT MMS sedang mengerjakan penambahan lajur keempat Tol Cikupa-Balaraja yang telah dilaksanakan sejak Desember 2017 lalu.

Pekerjaan penambahan lajur keempat dimulai dari Cikupa KM 31+900 hingga Balaraja KM 39+200, dari sebelumnya 3 lajur. Proyek dengan panjang sekitar 7,3 kilometer ini direncanakan selesai pada Desember 2018. Sunarto mengatakan sebagai pemenuhan terhadap aturan Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan (LK3), MMS melakukan penutupan wilayah pekerjaan dengan kelengkapan rambu yang dipasang pada area pekerjaan sesuai standar operasional prosedur yang berlaku.

Direktur Administrasi dan Keuangan PT MMS Halim Wahjana dalam sambutan saat acara mengatakan selama 28 tahun Astra Tol Tamer berkarya dan bertransformasi menjadi salah satu jalan tol yang menjadi rujukan dalam kualitas jalan dan pelayanan. “Selama perjalanan di tahun 2017, sebagai tahun ‘Year of Intelligent Toll Road’ berbagai capaian inovasi dan teknologi dilakukan seperti inisiator konsep penerapan integrasi transaksi pembayaran tol mpada ruas Tol Jakarta-Tangerang-Merak, melakukan penambahan lajur kempat pada ruang Bitung-Cikupa, mendukung gerakan pemerintah dalam gerakan nasional non tunai dengan penerapan sistem pembayaran uang elektronik serta meraih penghargaan The Best Top IT Implementation 2017 on Toll Road Sector. Astra Tol Taner telah mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan serta peningkatan pelayanan diberbagai bidang,” kata Halim.

Ia mengapreasi terhadap dukungan media massa selama ini yang membantu Astra Tol Tamer dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. ‘Terima kasih kepada jurnalis atas dukungan selama ini sehingga Astra Tol Tamer terus menjadi perusahaan yang berkembang dan maju,” katanya. Memasuki tahun 2018 ini, kata dia, selain menyelesaikan pekerjaan penambahan lajur Tol Cikupa-Balaraja juga mrelakukan berbagai peningkatan dalam melayani pengguna jalan melalui penambahan 4 gardu tol otomatis (GTO) single class di entrance Cikupa yang semula 17 unit menjadi 21 unit. Dari segi kenyamanan berkendara, kata dia, pihaknya menambah pemasangan 2 unit Weigh in Motion (WIM).

Senior General Manager PT Astra International Yulian Warman mengatakan kemajuan Astra dalam berbagai lini bisnis salah satunya karena transparan dalam menyampaikan informasi kepada publik. “Hadirnya jajaran direksi dengan wartawan menunjukkan perusahaan ini sangat bagus,” katanya. Dalam acara tersebut, pihak Astra Tol Tamer memberikan penghargaan kepada sejumlah jurnalis atas pemberitaan positif kegiatan Astra Tol Tamer selama 2017. Selain penghargaan, Astra Tol Tamer juga memberikan doorprize kepada wartawan, dan juga dihibur stand up commedy yang dibawakan Cah Lontong. (DA)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here