Pejabat Pemkab Serang & Gugus Tugas Covid-19 Jalani Rapid Tes, Ini Hasilnya

SERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang melakukan rapid tes (RT) terhadap pejabat eselon II dan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, Rabu (20/5/2020). Hal itu dilakukan karena para pejabat tersebut termasuk orang yang banyak berinteraksi dengan masyarakat sesuai tugasnya.

Rapid tes tersebut dilakukan di lapangan tenis indoor bagi wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa dan para pejabat eselon II. Sedangkan unsur Muspida termasuk Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melakukan rapid tes di pendopo.

Juru bicara percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Serang Drg Agus Sukmayadi mengatakan, rapid tes diikuti oleh pejabat eselon II dan gugus tugas yang banyak berinteraksi dengan masyarakat sesuai tugasnya.

“Ada 86 orang yang di tes RT IgM/ImG (imunoglobulin M/Imunoglobulin G) dengan hasil 86 orang non reaktif,” ujar Pria yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang ini.

Ia mengatakan, setelah tes ini tahapan selanjutnya akan ditunggu hingga 8 hari. Setelah itu akan dilakukan tes ulang. Agus juga mengatakan rapid tes ini akan dilakukan kepada semua ASN secara bertahap. “Secara bertahap akan dilakukan setelah iedul fitri,” ucapnya.

Disinggung terkait ketersediaan alat rapid tes, ia mengatakan, perlu dipertanyakan lebih dulu kepada pemegang program.

“Perlu ditanyakan dulu ke pemegang program. Saya gak hafal secara tepat. Yang mengadakan gugus tugas difasilitasi Dinkes dan RSDP,” katanya.

Kemudian menjelang lebaran idul fitri ini juga, pihaknya akan tetap melakukan pemantauan terhadap kontak sesuai ketentuan. Selanjutnya untuk wilayah perbatasan dan pariwisata pihaknya sudah bekerjasama dengan Polres Serang untuk membuka cek poin di Ciruas.

“Kita bekerjasama dengan polres, dinkes sudah membuka cek poin di Ciruas dan Simpang Asem Cikande. Pasca idul fitri di Cinangka,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, sebelumnya ia sudah pernah dilakukan uji swab dan hasilnya negatif.

“Ya sekarang tes rapid mudah-mudahan negatif. tapi kalau flu biasa juga bisa reaktif,” ujarnya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here