Pedayung Banten Masuk Pelatnas SEA Games

SERANG, (KB).- Prestasi yang ditorehkan oleh dua pedayung Banten di ajang sekelas Asian Games 2018 membuatnya masuk program pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk SEA Games 2019 Filipina. Keduanya diharapkan kembali berprestasi di ajang SEA Games 2019.

Kedua pedayung tersebut yakni Since Lishasova Yom peraih medali perak di nomor dayung kano traditional boat race (TBR) 200 meter putri. Lalu, M Fajar peraih medali perak dari nomor dayung kano TBR 1000 meter putra dan medali perunggu dari dayung kano TBR 500 meter putra.

Pelatih Dayung Banten Ahmad Yaman mengatakan, kedua atlet tersebut sudah bergabung di pelatnas. Pelatnas secara langsung ditangani oleh Pengurus Besar (PB) Persatuan Olah raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI). “Atlet dayung Banten kita, Since dan M Fajar sudah masuk pelatnas,” ujar Yaman kepada wartawan.

Ia mengatakan, keduanya tidak diseleksi lagi. Keberhasilan meraih medali di Asian Games membuat Since dan M Fajar secara otomatis masuk pelatnas.”Mereka masuk secara berkelanjutan, selesai Asian Games 2018 sudah langsung masuk pelatnas,” ucap Yaman.

Ia berharap kedua pedayung terbaik Banten tersebut kembali menorehkan prestasinya di SEA Games 2019. Bahkan, ia punya harapan jika keduanya bisa meningkatkan prestasi yang diraihnya saat Asian Games 2018 lalu.

“Meski saya di SEA Games tidak punya peran, tapi saya melihat kedua atlet tersebut sudah dipercaya, bahkan punya level senior. Saya percaya keduanya masih bisa memberi kontribusi untuk Indonesia dan mengharumkan nama Banten,” tutur Yaman.

Ketua Umum KONI Banten, Rumiah Kartoredjo bangga kedua atletnya yang sudah menembus pelatnas. Kedua atlet tersebut, kata dia, sudah berprestasi di kejuaraan internasional. Selain Asian Games, pada 14-19 November 2018, keduanya juga turut berpartisipasi di Kejuaraaan Internasional perahu naga beregu yang dihelat di negeri Cina. Pada kejuaraan itu, masing-masing menyumbangkan dua medali emas.

“Tentu kami bangga karena kedua atlet tersebut merupakan atlet PJP Banten. Semoga keduanya bisa mempersembahkan medali untuk negara kita,” kata Rumiah. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here