PDI-P Merapat ke Koalisi Rumah Kita

Ketua DPD PDI Perjuangan Banten, Asep Rahmatullah menjawab pertanyaan awak media saat menggelar konferensi pers di Aula PDIP Jalan Lingkar Selatan, Ciracas, Kota Serang, Selasa (31/10/2017).*

SERANG, (KB).- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengisyaratkan bergabung dengan koalisi rumah kita, mendukung Sekda Banten Ranta Soeharta dalam Pilkada Kota Serang. Partai berlambang kepala banteng ini sudah aktif komunikasi, baik dengan Ranta Soeharta maupun dengan partai dalam koalisi rumah kita, yakni PKS dan Partai Nasdem.

Ketua DPD PDI Perjuangan Banten, Asep Rahmatullah mengatakan, komunikasi dengan koalisi rumah kita sudah dibangun intens. Salah satu keinginannya yaitu menyandingkan Bambang Djanoko dengan Ranta Soeharta. ” (Ranta Soeharta) disandingkan dengan calon dari PDI Perjuangan, Bambang Djanoko,” katanya di Kantor DPD PDI Perjuangan Banten, Selasa (31/10/2017).

Ia melihat adanya kecocokan antara Ranta Soeharta dengan Bambang Djanoko. Ranta Soeharta sebagai birokrat berpengalaman dan Bambang Djanoko sebagai politisi berpengalaman. Karena itulah partainya memutuskan lebih intens komunikasi dengan koalisi rumah kita.  “Kita udah komunikasi dengan Bu Nuraeni dengan Bu Vera (Nurlaila Jaman), dengan Badri (Subadri Usuludin), dengan semuanya, tapi yang sudah mendekati chemistry dengan kandidat yang kita usung Pak Bambang (Djanoko) dengan Pak Ranta (Soeharta),” ujarnya. Soal posisi Bambang Djanoko, Ketua DPRD Banten ini mengaku fleksibel. Artinya, bisa diposisi calon wali kota atau wakil wali kota. “Dari awal fleksibel, bisa wakil bisa juga wali kotanya,” katanya.

Berbeda dengan Pilkada Kota Serang. Untuk Pilkada Kabupaten Lebak partai besutan Megawati Soekarno Putri tersebut sementara ini sudah merekomendasikan pasangan petahana Iti Octavia Jayabaya dengan Ade Sumardi.  “Untuk melanjutkan roda pemerintahan di Lebak,” ucapnya.  Untuk Kabupaten Tangerang PDI Perjuangan juga sudah intens komunikasi dengan petahana, Ahmed Zaki Iskandar. “Tinggal nanti Pak Zaki mengusung wakilnya siapa, nah kita lagi intens membangun itu,” ucapnya.

Komunikasi dengan petahana juga sama dilakukan untuk Pilkada Kota Tangerang, hanya saja untuk di kota ini ia menawarkan agar pasangannya berasal dari partainya. Jika tidak disepakati, keputusan terakhirnya melawan petahana.  “Artinya ada kader yang dicalonkan kan, kalau kita mau komunikasi dengan incumbent (petahana). Kalau tidak, akan mencalonkan sendiri. Kader kita lagi di godok, karena memang yang daftar banyak, tinggal nanti lihat survei,” ucapnya.

Mengingat calon-calon kandidat dalam Pilkada serentak dari PDI Perjuangan sudah muncul, maka untuk sementara kemungkinan yang akan diusung masih hanya nama-nama itu saja. Kecuali, nanti ada keputusan lain dari Ketua DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. “Politik kan dinamis,” katanya.

Terpisah, Ketua DPD PKS Kota Serang, Hasan Basri mengaku terbuka dengan partai manapun, termasuk PDI Perjuangan. Dengan catatan tujuannya masih sama dengan koalisi rumah kita.  “Buat kita prinsipnya bekerja sama dengan siapapun biasa yah, dan terbuka selama tujuan kita sama. Kalau misalnya PDI P bergabung masih sangat mungkin, sama juga bergabung ke yang lain, karena belum final, finalnya nanti ketika daftar dengan KPU,” katanya.  Disinggung terkait nama Bambang Djanoko yang ditawarkan PDI Perjuangan, ia juga tidak masalah karena dapat didiskusikan dengan partai dalam koalisi rumah kita. “Kalau Pak Bambang nanti bisa didiskusikan, sama hal kita bawa Pak Najib (Hamas) nanti kita diskusikan dengan koalisi,” ucapnya.

Panaskan mesin politik

Sementara itu, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri direncanakan berkunjung ke Kantor DPD PDI Perjuangan Banten, Kota Serang, hari ini. Agendanya melantik pengurus DPD PDI Perjuangan Banten periode 2015-2020, memimpin dan memberikan arahan konsolidasi pemenangan Pilkada, sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan GSG PDI Perjuangan Banten.

Presiden RI ke-6 ini dijadwalkan hadir bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, beserta rombongan dari DPP PDI Perjuangan. Jadwal hadir di Kota Serang sekitar pukul 12.00 dilanjutkan masuk ke Kantor DPD PDI Perjuangan sekitar pukul 13.30. (SN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here