PD CMM Klaim Demo Akibat Kesalahpahaman

LEBAK, (KB).- PD Candra Mandiri Malingping (CMM) mengklaim aksi yang dilakukan sejumlah warga mengatasnamakan Aliansi Pemuda Sumberwaras (APS) dipicu oleh kesalahpahaman yang telah diselesaikan secara musyawarah.

Hal itu dikatakan pemilik PD CMM, Darwin kepada sejumlah wartawan usai kunjungan pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Senin (24/2/2020).

“Itu hanya kesalahpahaman saja, tidak ada masalah sebenarnya antara pihak perusahaan dan karyawan sudah clear padahal,” kata pemilik PD CMM, Darwin.

Sesuai kesepakatan dalam musyawarah, lanjut Darwin, perusahaan menyepakati beberapa hal yakni masyarakat boleh mengambil limbah pabrik berupa kayu bakar. Pemuda boleh mengajukan permohonan bantuan untuk olah raga.

”Selain itu, pekerja yang mengundurkan diri kembali dipekerjakan oleh pihak perusahaan dan perusahaan siap melakukan koordinasi perihal apapun dengan masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga : Terkait Dugaan Pelanggaran Ketenagakerjaan, Disnakertrans Lebak Segera Tinjau PD CMM

Menurut Darwin, kesalahpahaman antara warga dan pihaknya dilatarbelakangi karena mereka (warga) belum bertemu secara langsung dengan dirinya.

“Sebetulnya mengenai kayu bakar perusahaan mempersilakan memasyarakat. Dan akhirnya mereka menyadari bahwa ini adalah kesalahpahaman. Alhamdulillah pascademo juga banyak warga yang bantu membersihkan pabrik jadi emang awalnya juga hanya salah paham dan sudah clear,” tuturnya.

Kepala Seksi Hubungan Industri (HI) Edi saat dikonfirmasi mengatakan, kunjungannya ke PD CMM selain ingin mengetahui secara atas informasi yang disampaikan warga melalui aksi beberapa hari kemarin.

”Kami tidak ada kapasitas untuk memberikan sanksi. Saat ini kami mengumpulkan informasi kedua belah pihak bagaimana status pekerja diperusahaan ini. Tentunya langkah awal kami akan lakukan pembinaan. Jika memang ada yang harus dipenuhi kami akan minta perusahaan memenuhinya sesuai prosedur dan aturan yang berlaku,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pemuda yang tergabung dalam APS berunjuk rasa di PD CMM yang berlokasi di Kampung Pagenggang, Desa Sumberwaras, Kecamatan Malingping. Mereka menuntut perusahaan memenuhi hak-hak para pekerja di perusahaan tersebut. (DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here