PBI BPJS Kesehatan, Pemkab Serang Belum Alokasikan Penambahan

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang belum mengalokasikan penambahan anggaran untuk kenaikan premi penerima bantuan iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Hal tersebut, karena pemkab masih menunggu hasil validasi data yang dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang Rachmat Maulana mengatakan, untuk penambahan anggaran premi PBI, hingga saat ini pihaknya masih menunggu data valid yang didapatkan oleh Dinsos dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, sehingga jumlah anggarannya akan lebih mudah dipastikan untuk tahun depan. Namun sejauh ini, pihaknya belum menerima data tersebut.

“Anggarannya (untuk penambahan anggaran premi PBI), masih menunggu data validasi dari Dinsos dan laporan dari Dinkes Kabupaten Serang. Sekarang belum kami terima datanya,” katanya kepada Kabar Banten di ruang kerja, Rabu (20/11/2019).

Jumlah iuran untuk semua kelas saat ini mengalami kenaikan hampir dua kali lipat dari sebelumnya, sehingga secara otomatis pemerintah daerah harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan tersebut dan berusaha untuk menyesuaikan.

Ia menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan berupaya, agar warga tidak mampu tetap mendapat bantuan kesehatan, meskipun terjadi kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

“Ya kami tetap mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Anggarannya akan menyesuaikan dengan jumlah iuran dengan hasil validasi data yang sudah valid,” ujarnya.

Pada 2019, dia menjelaskan, Pemkab Serang menganggarkan pembayaran PBI BPJS Kesehatan sebesar Rp 11,5 miliar dan dana Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) sebesar Rp 1 miliar.

Sementara, saat ini sambil menunggu Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2020 diketuk, pihaknya masih menunggu data valid peserta PBI untuk 2020 dilaporkan, sehingga untuk proses penganggarannya dapat diputuskan.

“RAPBD 2020 juga kan belum diketuk, jadi sambil menunggu data PBI Kabupaten Serang dari Dinsos Kabupaten Serang,” ucapnya.

Selain merencanakan anggaran pembayaran PBI Kabupaten Serang, dia menjelaskan, pihaknya juga akan merencanakan untuk anggaran Jamkesda 2020. Nilainya akan disesuaikan setelah jumlah valid peserta PBI Kabupaten Serang sudah dilaporkan dan dihitung besaran anggaran yang disiapkan.

“Kami juga ada dana Jamkesda, tapi besarannya tetap menunggu anggaran PBI juga. Jadi, karena data valid PBI belum diterima, belum ditentukan jumlahnya,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here