PBI BPJS Kesehatan Kota Serang, Penambahan Anggaran di APBD Perubahan

SERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang memastikan, tidak akan mengurangi jumlah penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Meskipun, pada APBD Murni 2020 belum ada penambahan anggaran untuk PBI, yang disesuaikan dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Ikbal mengatakan, setelah dia berkonsultasi dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang, penambahan anggaran untuk PBI akan disiapkan pada APBD Perubahan.

“Ini sudah menjadi komitmen pemerintah untuk membantu orang miskin. Oleh karena anggaran kami masih menggunakan tarif lama, kalau Januari ada kenaikan nanti kami akan berjuang di perubahan,” katanya kepada Kabar Banten, Ahad (24/11/2019).

Ia menuturkan, anggaran yang akan diputuskan pada APBD Murni 2020 masih menggunakan estimasi iuran BPJS lama, sehingga dengan adanya kenaikan diperkirakan hanya cukup sampai anggaran perubahan 2020.

“Estimasi kami memang sampai perubahan itu cukup, sampai saat ini pemerintah kota belum ada sedikitpun pengurangan,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Serang Tubagus Ridwan Akhmad menuturkan, dengan anggaran yang masih menggunakan tarif lama sebesar Rp 11,8 miliar. Maka, tidak akan cukup untuk iuran PBI selama setahun. Bahkan, hingga APBD perubahan 2020 kemungkinan tidak akan cukup.

“Ini kan iuran naik dua kali lipat, artinya anggaran yang lama hanya akan cukup selama enam bulan saja,” ucapnya.

Ia mengatakan, pemkot berdalih tidak akan mengurangi penerima, akan tetapi anggaran tidak ditambah. Menurut dia, dengan keadaan tersebut, penerima PBI di Kota Serang terancam dikurangi. Hal tersebut, karena anggaran yang ada tidak akan cukup mengcover jumlah penerima PBI sebanyak 42.000 orang selama setahun.

“Logikanya kalau anggaran tidak ditambah, berarti penerima yang harus dikurangi. Saya sejak awal mendorong pemkot untuk tidak mengurangi penerima PBI,” tuturnya. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here