PAUD di Kabupaten Lebak Akan Terima Bantuan Operasional

LEBAK, (KB).- Ratusan sekolah jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Lebak akan menerima dana bantuan operasional (BOP) dari pemerintah pusat. Dana itu akan diberikan kepada PAUD yang sudah terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik).

“Kita bersyukur, untuk BOP sekarang sudah ada intervensi dari pemerintah pusat. Kalau dulu, PAUD sama sekali tidak dapat bantuan yang ada hanya BOS untuk SD dan SMP,” kata Sekretaris Dinas Pedidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Lebak Abdul Malik, Jumat (13/12/2019).

Ia menjelaskan, dengan adanya intervensi dari pemerintah menunjukkan bahwa PAUD sangat diperlukan dan penerima BOP itu merupakan PAUD berstatus negeri dan swasta. Perkembangan jenjang PAUD di Kabupaten Lebak saat ini sangat menjamur dan tersebar di 28 kecamatan di Lebak.

”Jumlah PUAD di Kabupaten Lebak kurang lebih sebanyak 730 PAUD, terdiri dari TK, kelompok bermain (kober), satuan PAUD sejenis,” ujarnya.

Menurut dia, adanya BOP PAUD ini diharapkan dapat membantu meminimalisasi stunting (masalah gizi kronis disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama). Stunting bisa disebabkan dari pola asuh orangtua terhadap anaknya dari semenjak usia dini.

“Oleh karena itu, dengan adanya BOP PAUD diharapkan dapat meminimalisasi stunting. Karena pola pengasuhan akan lebih diarahkan pada hal positif,” ucapnya.

Ia menyebutkan, pola pengasuhan baik itu dimulai dari semenjak usia dini sudah diarahkan pada hal positif. Karena itu, kehadiran PAUD menjadi kebanggaan tersendiri bagi dindikbud, karena satu hal yaitu pola pengasuhan kepada anak-anak usia dini berjalan baik.

“Kehadiran PAUD menjadi kebanggaan tersendiri bagi dindikbud. Karena, satu hal yaitu pola pengasuhan kepada anak-anak usia dini berjalan baik,” tuturnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here