Rabu, 22 Agustus 2018
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya bersama Wakil Bupati, Ade Sumardi, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Uus Sutisna berpose bersama ribuan pasukan pengibar bendera usai kegiatan pelantikan Paskibra Kabupaten Lebak Tingkat SMA dan SMP di Pendopo Kabupaten Lebak, Ahad (19/11/2017).*

Paskibra Harus Menjadi Garda Terdepan

LEBAK, (KB).- Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengingatkan para pemuda untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional. Hal itu merupakan tugas bersama seluruh elemen masyarakat, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, tangguh dan berdaya saing.

”Sebagai bentuk kecintaan terhadap daerah dan bangsa, kita berikan dedikasi semampu yang kita bisa, karena pembangunan harus didukung oleh peran pemudanya yang kreatif, inovatif dan handal,” kata Bupati Iti, saat memberikan motivasi kepada ribuan anggota Paskibra usai kegiatan pelantikan Pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kabupaten Lebak Tingkat SMA dan SMP, di Pendopo Kabupaten Lebak, Ahad (19/11/2017).

Wakil Bupati Lebak, H. Ade Sumardi selaku Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Purna Paskibraka Indonesia (PPI) mengingatkan pentingnya mempelajari dan mengamalkan pilar-pilar kebangsaan. ”Paskibra adalah putra-putri terbaik Lebak yang memiliki keistimewaan, bukan hanya sekadar pasukan pengibar bendera pada upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI saja.

Akan tetapi, harus mampu menunjukkan keteladanannya sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi,” kata Wabup Ade. Wabup juga mengajak agar seluruh anggota Paskibra menjadi duta wawasan kebangsaan di lingkungannya masing-masing. Baik itu di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

”Saya berpesan jadilah kalian sebagai generasi yang maju dan unggul yang mengusai Iptek serta teruslah berkaya. Memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, pantang menyerah untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini,” ujarnya. Wabup menambahkan, Paskibra harus menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. Karena itu, seluruh anggota Paskibra harus mewaspadai gerakan-gerakan yang mengarah pada upaya perpecahan dengan mengubah ideologi Pancasila.

Karena Pancasila adalah perekat keutuhan bangsa, yang merupakan kesepakatan setiap agama, suku dan setiap budaya yang tersebar diseluruh pulau di Indonesia. ”Kalau ada yang mengatakan ideologi selain Pancasila, harus meluruskannya karena itu kewajiaban kalian,” ucap wabup.

Sementara Ketua PPI Lebak, Isro Jazuli mengaku, semakin banyak remaja-remaja dan pemuda yang tergabung dalam Paskibra. Tahun ini tercatat ada sebanyak 3.824 anggota Paskibra se-Kabupaten Lebak, di antaranya tingkat SMP sebanyak 955 orang dan SMA/SMK sebanyak 2.869 orang. ”Semoga akan terus meningkatkan minat dan kecakapan para pemuda sebagai calon pemimpin dimasa yang akan datang dan sebagai sarana efektif untuk menunjang pendidikan di sekolah sehingga terhindar dari arus negarif dari globalisasi,” tuturnya. (ND/Lugay/Job)***


Sekilas Info

Tujuh SMPN Terapkan Lima Hari Sekolah

LEBAK, (KB).- Tujuh SMPN yang tersebar di Kabupaten Lebak pada tahun pelajaran 2018-2019 menerapkan pelaksanaan lima …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *