Pascalebaran, Ribuan Orang Masuk Banten Lewat Pelabuhan Merak


CILEGON, (KB).- PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak mencatat sebanyak 2.845 orang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheuni ke Pelabuhan Merak pada Kamis (29/5/2020). Di hari tersebut kali pertama pelabuhan dibuka setelah sebelumnya sempat ditutup sementara.

“Pemudik melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten, hingga semalam (Kamis malam) mencapai 2.845 orang. Pemudik pejalan kaki sebanyak 121 orang dan penumpang di atas kendaraan sebanyak 2.724 orang. Sedangkan total kendaraan yang diangkut sebanyak 1.996 unit dengan rincian 20 sepeda motor, 701 kendaraan roda empat, 4 bus, dan 1.271 unit truk.PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan sebanyak 18 kapal ro-ro dengan 54 perjalanan,” ujar General Manager PT.ASDP Cabang Merak Hasan Lessy, dikonfirmasi (29/5/2020).

Sementara, sebaliknya penumpang pejalan kaki yang menyeberang dari Merak menuju Bakauheuni sebanyak 3.044 orang. Sementara untuk kendaraan roda dua tercatat 144 unit kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat yang 612 unit yang diseberangkan.

Ia menjelaskan, calon penumpang harus membawa kelengkapan surat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Adapun kelengkapan surat yang diperiksa petugas ASDP di antaranya surat kesehatan bebas Covid-19, surat izin perjalanan, dan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta bagi mereka yang akan masuk ke Jakarta,” katanya.

Diketahui, Pelabuhan Merak sempat ditutup dan tidak melayani penumpang setelah mudik dilarang pemerintah. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) hanya menjual tiket untuk truk dan tidak melayani penumpang. Penyetopan penjualan tiket tersebut mengacu pada PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Mudik Idulfitri 1441 H. Penjualan tiket hanya diperuntukkan bagi truk logistik. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here