Pascabencana Tsunami Selat Sunda: Wisata Pantai Anyer Bisa Dikunjungi, Cinangka Masih Perbaikan

SERANG, (KB).- Kawasan Wisata Pantai Anyer masih bisa dikunjungi wisatawan pascabencana tsunami selat sunda, Sabtu (22/12/2018). Sedangkan Cinangka masih perlu perbaikan sebab banyak hotel yang rusak.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, untuk kawasan wisata Cinangka khususnya, masih perlu berbenah. Sebab beberapa hotel mengalami kerusakan. “Hotelnya banyak yang rusak,” ujarnya, Ahad (23/12/2018).

Sedangkan untuk wisata Anyer masih bisa didatangi sebab dampak tsunami di lokasi tersebut tidak terlalu parah. “Kalau Anyer siap, karena enggak terlalu terdampak,” ucapnya.

Walau demikian, sebelum berangkat ke Anyer pengunjung juga harus mendapatkan informasi terlebih dahulu dari dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebab mereka yang datang pun tetap dipantau BMKG. “Tetap harus dipantau,” katanya.

Ia pun mendapatkan kabar jika Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) akan turun langsung ke lokasi tsunami di Anyer-Cinangka. “Katanya akan turun apa penyebab tsunami karena ini tidak ada gempa dulu. Jadi ternyata tsunami itu berbagai macam jenisnya. Apakah oleh retakan atau apa,” tuturnya.

Wakil bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, pada prinsipnya dengan tanpa bermaksud menghambat arus wisatawan yang datang ke Anyer-Cinangka, namun pihaknya harus memberikan penerangan yang jelas. “Kita harus memberikan penerangan yang jelas bahwa wilayah Anyer, Cinangka dan Selat Sunda itu wilayah yang ada potensi bencana,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya ingin meyakinkan kepada wisatawan tidak boleh memusuhi bencana. Sebab bencana tidak bisa dihindari. “Yang bisa dilakukan bagaimana kita meminimumkan dampak negatif bencana,” katanya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here