Pasca-Pemilu 2019, Tokoh Banten Serukan Persatuan

Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Komandan Korem 064/MY Kolonel Inf. Windiyatno, Ketua MUI Banten KH. A.M Romli saat menghadiri peringatan Isra Mikraj yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Urang Banten di masjid Atsaurah Kota Serang, Jumat (19/4/2019).*

SERANG, (KB).- Pasca pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 yang dilaksanakan pada 17 April lalu, sejumlah tokoh dan pejabat publik di Provinsi Banten menyerukan rajut kembali persatuan dan menghindari perpecahan antar masyarakat.

Hal itu dirangkai dalam peringatan Isra Mikraj yang diinisiasi Perkumpulan Urang Banten (PUB) dengan tema “Merajut kebersamaan membangun Banten” di Masjid Ats-tsauroh, Kota Serang, Jumat (19/4/2019).

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Ketua MUI Provinsi Banten KH. AM Romly, Kapolda Banten Irjen Polisi Tomsi Tohir, Ketua umum PUB Taufiqurachman Ruki, tokoh Banten Embay Mulya Syarief dan tokoh lainnya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, usai pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung aman dan damai, saatnya masyarakat merajut kembali kebersamaan dan persatuan serta melupakan perbedaan pilihan pada pemilu lalu.

“Sekarang tinggal bagaimana kita masyarakat bisa kembali bersatu, khususnya masyarakat Banten bagaimana kita bersatu kembali untuk membangun Banten ke depan,” kata Andika usai kegiatan.

Selama proses rekapitulasi suara, kata dia, hindari perselisihan dan permasalahan yang bisa menimbulkan perpecahan dan benturan di masyarakat.

“Hari ini kita bisa melihat, bisa bersama-sama guyub bersama tokoh masyarakat Banten dimana yang notabene masing-masing saat pemilu kemarin mempunyai perbedaan dalam kapasitas pilihan,” ucapnya.

Ia juga berharap dengan kebersamaan dan guyub tokoh-tokoh di Banten memberikan contoh positif bagi masyarakat bahwa perbedaan pilihan bukan alasan untuk saling membenci.

“Ini saya berharap memberikan influence bagi masyarakat agar selesai dari proses pemilihan kemarin bisa bersama kembali bersatu kembali,” ujarnya.

Tolak hasutan

Ketua MUI Provinsi Banten KH. AM. Romly menyampaikan terima kasihnya terhadap penyelenggara, TNI-Polri yang sudah menyelesaikan proses pemilu secara aman dan damai.

“Saya mengajak kepada masyarakat untuk menolak segala bentuk hasutan dan provokasi yang akan menimbulkan ketidaktertiban ketidakamanan di Banten ini,” ucapnya.

Ia mengajak masyarakat untuk bersabar menunggu hasil rekapitulasi KPU dan melupakan perbedaan pilihan agar tidak terjadi gesekan dan benturan. “Yang punya usaha berniaga dengan baik, yang petani bertani dengan baik, yang berkerja kembali bekerja,” tuturnya.

Hal senada disampaikan ketua umum Perkumpulan Urang Banten (PUB), Taufiqurachman Ruki yang mengajak seluruh masyarakat Banten untuk kembali merajut persatuan usai pemilu.

“Kita mesti kembali jangan terbawa lagi urusan emosi dan perbedaan pilihan, tapi kembali lagi kita dalam sebuah wadah keislaman, ke Indonesiaan dan ke Bantenan,” tutur mantan komisioner KPK itu. (Masykur/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here