Pasar Tradisional Ditingkatkan

CILEGON, (KB).- Pasar tradisional di Kota Cilegon tahun ini mengalami beberapa peningkatan. Setelah sebelumnya dilakukan revitalisasi Pasar Blok F atau Pasar Kelapa, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon telah mengajukan anggaran bantuan untuk dua pasar lainnya. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Cilegon, Tubagus Dikri Maulawardhana mengatakan, tahun ini berencana melakukan peningkatan lantai dua untuk Pasar Blok F atau Pasar Kelapa yang dananya bersumber langsung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon tahun anggaran 2017.

Pembangunan lantai 2 pasar tersebut, diperkirakan membutuhkan biaya mencapai Rp 6 miliar.
“Lantai 2 di Pasar Blok F itu akan dibangun dalam waktu dekat, mungkin di pertengahan Ramadan akan mulai dibangun. Anggarannya pakai APBD Cilegon sekitar Rp 6 miliar,” katanya kepada Kabar Banten, Ahad (28/5/2017). Ia menuturkan, selain Pasar Kelapa, pihaknya juga mendapatkan anggaran sebesar Rp 3 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Bantuan tersebut ditujukan untuk pembangunan Pasar Cigading. “Pasar Cigading itu nanti ada dari DAK sebanyak Rp 3 miliar. Kemudian, untuk Pasar Pulomerak, mudah-mudahan tahun depan dari Kementerian Perdagangan,” ucapnya.

Menurut dia, pengajuan bantuan untuk Pasar Pulomerak bukan dikarenakan kondisinya sudah rusak. Akan tetapi, pihaknya berkeinginan untuk menata pasar tradisional tersebut menjadi lebih bersih.
“Bukan rusak, tapi kami akan menata jadi pasar yang bersih, seperti Blok F. Pengajuan kami itu mencapai Rp 15 miliar, sama seperti Blok F waktu itu. Tapi, waktu Blok F hanya untuk satu lantai,” ujarnya. (H-43)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here