Pasar Tani Jadi Agenda Mingguan

Sejumlah pengunjung sedang berburu pangan hasil pertanian di pasar tani, Alun-alun Pandeglang, Ahad (29/7/2018).*

Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pandeglang bekerja sama dengan Asosiasi Pelaku Usaha Pertanian (Aspehatan) menggelar program pasar tani di Alun-alun Pandeglang, Ahad (29/7/2018). Kehadiran pasar tersebut selain menjadi pasar alternatif warga untuk belanja kebutuhan hidup juga menjadi pusat kuliner hasil panen petani.

Apalagi, pasar tani yang diagendakan setiap hari Ahad mampu menyuguhkan beragam hasil pertanian. Sehingga, warga bisa mendapatkan apa saja tentang hasil panen petani di pasar tersebut. Selain banyak pilihan hasil panen petani baik sayuran maupun rempah-rempah. Masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga terjangkau. Apalagi, pangan yang disuguhkan di pasar tani berasal dari hasil panen tani dari berbagai daerah di Pandeglang.

Salah seorang pengunjung pasar tani, Prili Lusiana mengatakan, dirinya merasa bangga dan setuju sekali dengan keberadaan pasar tani di Alun-alun Pandeglang. Karena pasar itu memberikan kemudahan bagi warga yang sudah berolah raga pagi bisa langsung membeli kebutuhan pangan di pasar tersebut. Selain itu, warga juga tidak perlu bersusah payah pergi ke pasar tradisional dan swalayan untuk membeli kebutuhan pangan.

“Kalau saya sih setuju ya, dengan pasar tani setiap hari minggu di Alun-alun Pandeglang. Lagi pula, pasar tani itu dibuka bersamaan waktunya dengan warga yang berolah raga di alun-alun. Jadi, bisa ekonomis dan praktis bagi warga yang hendak berbelanja kebutuhan pangan di pasar tersebut,” ujar Prili Lusiana. Menurut dia, pengunjung pasar tersebut tidak saja anak muda, namun banyak juga orang tua. Paling tidak dengan kehadiran pasar tani membuat suasana ramai kota di pagi hari.

Kepala Dinas Pertanian Pandeglang, Budi S. Januardi mengatakan, pasar tani tersebut untuk memotivasi para pelaku usaha pertanian maupun petani untuk terus meningkatkan produktivitas hasil tani. Ia berharap semakin ramai pembeli dan pengunjungnya, maka akan semakin memotivasi petani untuk bisa membawa hasil panennya ke pasar tani. “Sangat bersyukur dan alhamdulillah, semoga minggu depan pasar tani bisa lebih ramai pengunjung dan pembeli. Ya, kami memfasilitasi pasar tani ini untuk kemandirian dan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Pandeglang, H. Tjetjep Mundjat mengapresiasi program pasar tani yang digelar rutin setiap hari Ahad di Alun-alun Pandeglang. Hal itu akan merangsang para petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Apalagi di pasar itu dipajang beragam pangan hasil pertanian. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here