Pasar Oleh-oleh Khas Banten Panen Rupiah

Libur lebaran menjadi salah satu momen yang ditunggu masyarakat yang berkunjung ke kampung halamannya. Selain rindu tempat tinggalnya, mereka juga rindu dengan makanan khas yang dimiliki daerahnya masing-masing. Selama libur panjang kemarin para pedagang oleh-oleh khas Banten memanen pundi-pundi rupiah berlipat ganda. Banyak keluarga besar yang berbondong-bondong berbelanja makanan hingga souvenir unik dengan ciri khas Banten.

Pedagang oleh-oleh khas Banten, Sobir mengatakan, selama lebaran serta arus balik tokonya terus ramai dikunjungi. Banyak masyarakat yang mulai memborong emping, gipang, kue cincin hingga sate bandeng. ”Paling banyak sih sate bandeng yang setiap hari habis,” ujarnya kepada Kabar Banten, Senin (3/7/2017). Dia menuturkan, kebanyakan masyarakat memborong untuk dimakan saat akan berlibur atau dibawa sebagai oleh-oleh untuk temannya yang ada di Kota. Setiap tahun, tepatnya lebaran omzet yang didapat terbilang tinggi dari hari biasanya. ”Alhamdulillah selama lebaran ramai terus, setiap hari ada terus,” ucapnya.

Sobir menjelaskan, untuk hari biasa hanya ramai saat libur biasa dan itu pun tidak terlalu signifikan. Hanya beberapa yang datang serta lebih banyak yang mencari sate bandeng dan juga emping. ”Kalau di toko kami, ada yang bekerja sama dengan UKM dan ada yang bikin sendiri. Jadi sistem bagi hasilnya juga lumayan membantu UKM yang bikin emping ataupun gipang,” tuturnya.

Sementara itu, pedagang souvenir khas Banten, Eka menuturkan, selama arus balik banyak pemudik yang mampir untuk membeli aksesoris Banten, seperti kain baduy, gantungan baduy, patung badak dan lainnya. Rata-rata itu merupakan pesanan dari kerabat yang ada di tempat tinggalnya. ”Souvenir kami banyak dan kami baru saja pindah sekitar 4 bulan terakhir ini. Kenaikannya memang tidak seberapa dengan hari biasa. Kalau liburan kan banyak yang cari oleh-oleh,” ujar Eka. Dia berharap, ke depan oleh-oleh khas Banten akan dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat di luar daerah Serang. Hal tersebut akan menjadikan Banten sebagai daerah tujuan wisata yang memang sedang dipromosikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten. (Tresna Mulyana Wati/KB)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here