Kamis, 18 Oktober 2018

Pasar Kolecer Manjakan Pengunjung Festival Pesona Tanjung Lesung

PERHELATAN akbar Festival Pesona Tanjung Lesung kembali digelar pada 28 hingga 30 September 2018 mendatang. Festival ini tak menampilkan keindahan wisata alamnya. Tetapi, menyuguhkan beragam acara yang sport tourism dan juga menampilkan seni budaya.

Tahun ini, lokasi gelaran festival tidak hanya difokuskan di kawasan KEK Tanjung Lesung saja. Melainkan di lokasi lainnya, yakni di kawasan KEK Tanjung Lesung, Kampung Cipapon, dan Kampung Cikadu. Pembagian tiga lokasi ini bertujuan agar perhelatan wisata ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas, termasuk upaya pemberdayaan masyarakat untuk terlibat langsung dalam festival ini.

Masing-masing lokasi memiliki agenda yang berbeda, seperti di Tanjung Lesung Resort digelar agenda rhino x-triathlon race, rhino mtb xc marathon, dan fire dance. Sedangkan Kampung Cipanon akan digelar agenda seperti pasar kolecer (kincir angin), kuliner, dan cenderamata, lomba kolecer dan layang peuteng, pagelaran musik dan kesenian tradisional, penjualan paket wisata murah, dan festival homestay cantik.

Untuk menyemarakkan suasana sekaligus menghibur pengunjung, Festival PesonaTanjung Lesung akan dimeriahkan dengan penampilan Kunto Aji. Selain Kunto Aji, akan dimeriahkan dengan penampilan band lokal seperti Discri-discri dan Roompoet Hijau. Lalu di Desa Wisata Cikadu, pengunjung disuguhi pameran hasil kerajinan seni berupa peresmian batik Cikadu, ragam busana dan kuliner tradisional, aneka lomba dan hiburan colosal art performance.

“Kita ingin acara ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas, termasuk upaya pemberdayaan masyarakat untuk terlibat langsung dalam festival ini. Melalui Pasar Kolecer, ada upaya untuk mengenalkan wisata, kebudayaan, dan kuliner khas Pandeglang,” kata Kepala Dinas Pariwisata Banten, Eneng Nurcahyati seperti dikutip di laman dispar.bantenprov.go.id.

Perhelatan Festival Tanjung Lesung merupakan kerja sama antara Pemprov Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Kementerian Pariwisata, PT Banten West Java, serta seluruh stakeholder pariwisata yang ada di Banten. (Galuh Malpiana)*


Sekilas Info

Hanya dengan 10 Juta Rupiah, Anda Dapat Mengunjungi 5 Negara Ini

Liburan ke luar negeri dengan biaya yang sangat minim memang menjadi impian setiap orang, dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *