Pasar Daring UMKM Kabupaten Serang Butuh Operator Khusus

SERANG, (KB).- Keberadaan website Gerai Due Kite sebagai pasar dalam jaringan (daring) atau online untuk produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kabupaten Serang hingga saat ini belum berjalan optimal. Hal tersebut, karena gerai daring milik Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang yang diresmikan Jumat (21/12/2018) tersebut, belum memiliki operator khusus.

Kepala Bidang UMKM Diskoperindag Kabupaten Serang Vita Agustini mengatakan, keberadaan Gerai Due Kite masih belum optimal. Sebab, gerai tersebut membutuhkan operator khusus yang mengurusnya. Oleh karena itu, pihaknya berencana untuk merekrut operator khusus tersebut. “Nanti kami rekrut yang menangani Due Kite. Mulai berjalan, tapi belum maksimal, karena baru berapa bulan,” katanya kepada Kabar Banten, Rabu (20/3/2019).

Ia menuturkan, sejauh ini sudah banyak penjual yang menjajakan produknya di lapak Gerai Due Kite, sedangkan untuk nilai transaksinya, dia belum mengetahui. “Penjual banyak. Kalau transaksi saya belum cek. Kalau penjual sekitar 100 yang masuk. Ini kata yang punyanya (penjual), karena kami belum ada operatornya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, awalnya Gerai Due Kite memiliki bangunan yang disewa sebagai tokonya. Namun, kemudian hasil dari toko tersebut, tidak menggembirakan. “Kurang begitu laku,” ucapnya. Kemudian, tutur dia, gerai tersebut, memiliki usaha bisnis berbasis e-Comerce dan diluncurkan beberapa bulan yang lalu.

Menurut dia, saat ini mulai banyak UMKM milenial yang berbasis e-Comerce. “Tahun ini kami ada pelatihan 145 bagi wirausaha pemula untuk dilatih pemasaran secara online di triwulan dua. Kemarin sempat ada pelatihan lima angkatan juga,” katanya.

Kebanyakan, tutur dia, produk e-Comerce milenial masih bergelut di bidang pengolahan makanan kekinian. Namun, ada juga handycraft hingga tas. “Tapi, banyaknya makanan. Kalau online itu sekali gepuk gede. Yang tadinya biasa jadi booming seperti handycraft di Ciruas ada juga Jawara Farm itu awalnya online. Emang online itu langsung besar,” ucapnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here