Pasar Anyar Diamuk Sijago Merah

Beberapa Kios di Pasar Anyar Kota Tangerang Terbakar, Rabu (20/2/2019).*

TANGERANG, (KB).- Peristiwa kebakaran terjadi di Pasar Anyar, Jalan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Rabu (20/2/2019). Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi pukul 17.30 WIB. Diduga api muncul dari toko material yang berkobar cukup besar.

Api pun menjalar dan meluluh lantakkan sejumlah bangunan lainnya. Sementara asap hitam membumbung tinggi. Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, kawasan Pasar Anyar gelap gulita. Aktivitas jual beli di pasar tradisional ini terhenti. Warga dan para pedagang tampak sibuk menyelematkan barang-barang berharganya. Sementara itu petugas pemadam kebakaran berupaya menjinakkan api.

Pedagang Pasar Anyar, Wandi menyebutkan bahwa api berasal dari toko material yang mengalami korsleting listrik. “Kebakaran dari jam setengah enam. Awalnya dari toko material terus menjalar ke mana-mana ke toko plastik dan toko kimia,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Tangerang Kompol Ewo Samono mengatakan bahwa sejumlah jajaran Polri diterjunkan untuk membantu petugas pemadam kebakaran. “Kebakaran ini terjadi RT 5/2, kami berserta jajaran menghubungi damkar berupaya memadamkan api,” tukasnya.

Ewo menyebutkan bahwa tiga unit unit bangunan telah ludes terbakar. Sementara tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini. “Untuk sementara tidak ada korban jiwa. Mudah-mudahan tidak ada,” katanya.

Api berhasil dijinakkan pukul 20.20 WIB. Setelah 85 personel BPBD Kota Tangerang diterjunkan memadamkan api yang sebelumnya membara begitu dahsyat. Dari Peristiwa itu api dinyatakan padam usai menghanguskan tiga unit kios yang menjual barang material, kimia dan plastik.

Kepala UPT Periuk BPBD Kota Tangerang Kamaludin Azizi menjelaskan proses pemadaman api yang berkobar-kobar hingga asap membumbung tinggi ke awan itu. Menurutnya, 13 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan secara bertahap karena kebakaran hampir menjalar ke pemukiman warga.

“Itu api yang muncul dari bangunan yang menjual material. Kami bersusah payah berupaya memadamkan api dengan proses pemadaman dua jam. Dan berhasil dijinakkan,” katanya. Khamal menyebutkan, tiga bangunan hangus akibat kebakaran itu. “Pemicunya kemungkinan besar karena arus pendek,” ucapnya.

Kondisi saat ini, lanjut dia, sudah dalam keadaan normal. Petugas tengah melakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar telah tiada. “Ini sudah aman dan tinggal sisa bara api dan proses pendinginan,” tuturnya.

Petugas BPBD maupun kepolisian tengah mendata jumlah kerugian dan menyelidiki penyebab peristiwa ini. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Korban tidak ada. Total kerugian belum tahu karena belum tahu ini bangunan (yang terbakar) milik siapa,” tukasnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here