Parpol Siapkan Pimpinan DPRD Banten

SERANG, (KB).- Sejumlah partai politik (parpol) yang diprediksi meraih mayoritas kursi di parlemen dan memiliki jatah pimpinan di DPRD Provinsi Banten periode 2019-2024, mulai ancang-ancang menyiapkan nama untuk mengisi kursi pimpinan Dewan. Masing-masing parpol menerapkan kriteria untuk menentukan siapa figur yang pas untuk memenuhi kebutuhan DPRD Provinsi Banten.

Partai Demokrat misalnya, peraih 9 kursi pada Pemilu serentak 2019 ini hampir dipastikan memiliki jatah kursi pimpinan di DPRD Provinsi Banten. Untuk mengisi jatah ini mereka sudah membentuk kelompok kerja (pokja) seleksi calon pimpinan DPRD. Kabarnya, sasaran seleksi adalah caleg yang lolos pada Pemilu serentak 2019.

”Untuk alat kelengkapan dewan (AKD), DPD (Demokrat Banten) membentuk tim atau pokja,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Demokrat Provinsi Banten Azwar Anas saat konferensi pers di Kantor DPD Demokrat Banten, di Cipocokjaya, Kota Serang, Selasa (14/5/2019).

Dia menuturkan, ada beberapa nama yang memenuhi kriteria masuk dalam bursa pimpinan Dewan. Di antaranya mendapat suara terbanyak, loyal terhadap partai, memiliki integritas tinggi serta jenjang karier di partai. ”Kriteria memang sudah dirampungkan tadi malam (kemarin), untuk AKD salah satu wakil ketua dewan (DPRD Banten),” ujarnya.

Sementara itu, sembilan nama caleg Demokrat yang diprediksi lolos yakni Heri Handoko dengan perolehan 14.802 suara. Kemudian Dedi Sutardi memperoleh 16.221 suara, M Nawa Said 20.821, Asep Hidayat 7.546 suara, Jazuli Abdillah 24.552 suara, Rommy Adhie 12.352 suara, Imanudin Sudirman 27.034 suara, Mahpudin 26.978 suara, serta Yoyon Sujana 16.300 suara.

Meski demikian, caleg Demokrat peraih suara terbanyak pada Pemilu serentak 2019 tidak otomatis mengisi kursi pimpinan, ia juga harus memenuhi kriteria lain yang ditentukan. ”Sudah ada beberapa nama nanti untuk diseleksi, ada seleksi fit and proper test, kita tidak mau asal memilih. Jadi ada pokja, kita tunggu aja siapa yang akan jadi pimpinan,” ucapnya.

Sampai saat ini Partai Demokrat kabupaten/kota diprediksi memiliki pimpinan DPRD masing-masing, yakni Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Lebak. ”Ada jenjangnya, kalau dari DPC (kabupaten/kota) nanti ke DPD dan dari DPD ke KE DPP, putusan ada di DPP, jenjangnya tetap berlaku,” tuturnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Banten Andra Soni menuturkan, partainya diprediksi memperoleh kursi 16 kursi, dengan perolehan ini Gerindra akan memiliki jatah pimpinan di DPRD Provinsi Banten. Akan tetapi, pihaknya belum melakukan pembahasan nama-nama caleg yang mengisi pimpinan DPRD Banten. ”Kita masih fokus mengikuti tahapan pemilu dan pengawalan perhitungan suara,” katanya.

Penentuan nama untuk kursi pimpinan dewan dibahas oleh pimpinan DPD Gerindra Banten, selanjutnya diserahkan ke DPP Gerindra untuk disahkan. ”Keputusan dari ketua partai. Pimpinan partai pasti punya pertimbangan – pertimbangan sendiri. Hasilnya diusulkan oleh pimpinan DPD dan diputuskan oleh DPP,” ucap Andra. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here