Parpol Pengusung WH-Andika Ungkap Kriteria Sekda Banten

SERANG, (KB).- Partai politik (parpol) pengusung ungkap kriteria Sekretaris Daerah (Sekda) Banten yang dibutuhkan untuk mewujudkan agenda kerja Wahidin Halim
(WH)-Andika Hazrumy. Selain berpengalaman dan menguasai pemerintahan, sosok tersebut mampu menjembatani kepentingan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dalam melaksanakan program kerjanya.

Menurut Sekretaris DPD Partai Demokrat Banten Eko Susilo mengatakan, figur sekda harus merupakan sosok yang berpengalaman dalam lingkup dunia pemerintahan. Sekda juga harus bisa memahami karakteristik pimpinannya dan bisa menjembatani kepentingan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dalam melaksanakan program kerja.

“Yang paling pas itu memang orang lokal, karena memang butuh orang yang sudah mengerti lingkungan pemerintahan di Provinsi Banten,” kata Eko saat dihubungi Kabar Banten melalui sambungan telepon seluler, Senin (4/3/2019).

Menurut Eko, pemilihan orang lokal karena sosok tersebut sudah mengetahui kultur pemerintahan di Provinsi Banten. Jika figur sekda yang dipilih nantinya merupakan orang luar daerah, dia khawatir nantinya harus adaptasi terlebih dahulu. Sementara, agenda kerja gubernur dan wakil gubernur sudah sangat ditunggu.

“Bagaimanapun, agar pemerintahan berjalan dengan baik, sekda harus bisa mewakili dan mengerti betul perintah gubernur dan wagubnya. Secara kultural, yang pas ya orang lokal. Kalau enggak, dia akan susah beradaptasi dan mengejawantahkan perintah itu kepada ASN di bawahnya,” ujar Eko.

Namun demikian, Eko meyakini WH-Andika sudah memiliki kriteria tersendiri untuk calon sekda yang akan dipilih nanti. Namun yang terpenting, sekda harus bisa mendukung program kerja pimpinan daerah untuk kepentingan masyarakat Provinsi Banten.

“Pastinya Pak Gubernur sudah punya rekomendasi pilihannya siapa yang mau jadi sekda nanti. Beliau pasti sudah tahu kelemahan dan kelebihan masing-masing. Yang penting, dia (sekda) harus bisa menguasai tentang pemerintahan. Semoga yang terbaik yang bisa terpilih,” tuturnya.

Mengerti Banten

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Partai DPD Partai Golkar Provinsi Banten Bahrul Ulum. Menurutnya, figur sekda harus sosok yang mengerti tentang Provinsi Banten dan seluruh birokrasi yang ada di Provinsi Banten.

“Harapannya memang orang Banten yang bisa terpilih, karena kan minimal dia lebih paham betul tentang wilayah di Provinsi Banten,” kata Ulum.

Ulum meyakini tiga birokrat yang telah lulus seleksi ini, sudah memiliki kecakapan dan kemampuan di bidangnya tersebut. Namun demikian, ia berharap figur sekda terpilih adalah sosok yang bisa mengayomi dan memberikan edukasi kepada ASN di bawahnya dalam melaksanakan program pemerintahan.

“Orang yang sudah lulus dalam tes, saya yakin sudah teruji. Tinggal bagaimana kemudian, kepeduliannya terhadap dunia birokrasi dan kebantenan harus ditonjolkan oleh figur sekda secara pribadinya,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Banten Aris Halawani menilai, satu dari tiga calon Sekda Banten yang sudah diserahkan ke Presiden adalah sosok yang dibutuhkan WH-Andika.

Jika mengacu visi dan misi WH-Andika, menurut dia, sosok yang dibutuhkan adalah pejabat yang memiliki pemahaman lebih tentang ilmu kepemerintahan, ditunjang pemahaman politik yang baik karena sekda itu Ketua TAPD yang akan berhadapan dan berkomunikasi dengan legislatif.

“Dia harus punya jam terbang di Banten, punya background kepamongan, ilmu kepemerintahan plus pemahaman politik. Itu harus jadi dasar pertimbangan, karena sekda itu Ketua TAPD dan bersentuhan dnegan legislatif,” kata Aris Halawani. (Rifat Alhamidi/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here