Senin, 23 April 2018
pulau tunda

Pariwisata Pulau Di Kabupaten Serang Belum Tersentuh Maksimal

Wilayah Kabupaten Serang merupakan daerah yang memiliki banyak kekayaan pariwista. Salah satu pariwisata yang menarik, yaitu keberadaan pulau-pulau luar yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Beberapa pulau yang ada di Kabupaten Serang, di antaranya Pulau Tunda, Pulau Sangiang, Pulau Panjang, Pulau Tiga, Pulau Empat, dan Pulau Pamujan. Namun sayang, dari semua potensi pariwisata pulau tersebut, sampai saat ini masih belum tersentuh secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan terbenturnya anggaran pengelola yang masih terbatas dan perlunya inovasi.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, persoalan pariwisata atau potensi pariwisata Kabupaten Serang memang belum bisa sepenuhnya tersentuh secara menyeluruh, seperti halnya potensi wisata pulau yang sampai saat ini belum semuanya bisa dirapikan. “Belum tersentuh menyeluruh wisata pulau itu,” katanya belum lama ini.

Ia menuturkan, untuk memaksimalkan potensi pariwisata pulau tersebut, pihaknya sudah menyampaikan kepada Bappeda saat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Salah satu agenda yang disampaikan, adalah penataan pulau-pulau yang memiliki potensi menjadi kawasan wisata. Namun, perlu disadari juga, jika belum maksimalnya penataan pulau-pulau pariwisata tersebut dikarenakan anggaran yang terbatas. Oleh karena itu, penataan pulau tersebut masih dikatakan belum sesuai harapan. “Cuma mungkin anggaran yang ada belum bisa maksimal,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Serang, Muhsinin mengatakan, pariwisata pulau tersebut memang seharusnya bisa dikembangkan. Sebab, dengan berkembang, maka akan menjadi pemasukan bagi daerah. Untuk pengembangannya, ucap dia, perlu lakukan dengan menggandeng pengusaha. Dalam hal penataannya, pemerintah pusat tidak boleh mengambil kebijakan sendiri. Sebab, dalam penentuan kebijakan tersebut, yang memiliki daerah perlu juga diajak bicara dan dihargai. “Buat apa undang-undang otonomi dibuat kalau kami diabaikan,” tuturnya. (Dindin Hasanudin)***


Sekilas Info

Pagerbatu Layak Jadi Destinasi Wisata Alam

Kabupaten Pandeglang sebagai kota badak terkenal dengan beragam potensi wisata. Simbol badak cula satu logonya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *