Selasa, 16 Oktober 2018

Panwaslu Kota Serang Tegur Ketua DPRD

SERANG, (KB).- Panwaslu Kota Serang memberikan teguran kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang, Namin dan anggota DPRD Kota Serang, Agus Sutisna. Panwaslu menilai, keduanya terbukti mengikuti kampanye Calon Wali Kota Serang, Vera Nurlaela tanpa mengambil cuti terlebih dahulu.

Divisi Penindakan Pelanggaran pada Panwaslu Kota Serang, Faridi mengatakan, Ketua dan anggota DPRD Kota Serang tersebut, terbukti tidak menaati Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017 Pasal 63 yang pada intinya menyatakan, bahwa setiap anggota DPRD dapat mengikuti kegiatan kampanye dengan catatan ada izin dari pimpinan.

“Kami Panwaslu meneruskan kepada KPU Kota Serang untuk memberikan imbauan, agar anggota DPRD kota menaati PKPU Nomor 4 Tahun 2017 Pasal 63,” katanya, Kamis (22/3/2018). Diketahui, teguran yang diberikan kepada keduanya merupakan tindak lanjut atas laporan pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang nomor urut 3 Syafrudin-Subadri Usuludin. Laporan tersebut disampaikan pada Sabtu (17/3/2018).

Berdasarkan hasil klarifikasi, ujar dia, keduanya tidak mengetahui adanya keharusan cuti bagi anggota DPR yang ikut kampanye. Sebab, aturan tersebut belum pernah disosialisasikan KPU Kota Serang. “Sudah kami klarifikasi dan mereka mengaku tidak tahu, karena belum pernah ada sosialisasi,” ucapnya.

Ia menuturkan, PKPU tersebut tidak menyebutkan sanksi yang diterima bagi anggota DPR yang ikut kampanye tanpa mengajukan cuti. Tindak lanjut yang dikeluarkan hanya berupa teguran kepada yang bersangkutan melalui KPU Kota Serang. Sebagai langkah antisipasi kejadikan serupa, Panwaslu dan KPU sudah berupaya menyampaikan PKPU tersebut kepada sejumlah anggota DPRD Kota Serang.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Serang, Namin menuturkan, telah berupaya meminta izin untuk ikut kampanye, hanya dia tidak tahu ke mana izin tersebut harus disampaikan, karena sebelumnya tidak pernah mendapat sosialisasi dari KPU Kota Serang.

Ia meminta, agar Panwaslu maupun KPU menyosilaisasikan aturan keharusan izin bagi anggota DPRD yang akan mengikuti kampanye. Karena, dikhawatirkan masih banyak anggota DPRD yang belum paham akan aturan tersebut. “Diakui, karena kami kurang mendapat informasi, izin itu harus ke mana lagi kami sampaikan,” tuturnya. (SN)***


Sekilas Info

Enam Tersangka Pengeroyok Polisi Ditangkap

ENAM tersangka pengeroyokan terhadap anggota polisi Tri Widianto di Wisma Cariti, Kampung/Desa Julang, Kecamatan Cikande, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *