Minggu, 22 Juli 2018

Panwaslu Dalami Laporan Vera-Nurhasan, Tim Syafrudin-Subadri Bantah Lakukan Pelanggaran

SERANG, (KB).- Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kota Serang mendalami laporan tim advokat pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang nomor urut 1, Vera Nurlaela-Nurhasan atas paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang nomor urut 3 Syafrudin Subadri Usuludin. Kabarnya, status laporan akan keluar besok, Jumat (16/3/2018).

Anggota Panwaslu Kota Serang, Faridi mengatakan, dari 13 laporan yang sebelumnya diajukan ke Panwaslu Kota Serang hanya 2 di antaranya yang didalami. Pendalaman dilakukan dengan cara meminta klarifikasi kepada terlapor. “Tadi (kemarin) kami melakukan klarifikasi terhadap pelapor,” katanya saat ditemui di Sekretariat Panwaslu Kota Serang, Rabu (14/3/2018).

Terkait laporan tentang kegiatan Syafrudin di Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka pada 2 Maret lalu yang ditengarai memanfaatkan program bantuan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten untuk kepentingan kampanye. Faridi mengaku telah meminta klarifikasi ke pihak Dinkes Provinsi Banten. Dinkes mengaku bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh salah satu ormas. Karena sebelumnya ormas tersebut mengajukan proposal ke Dinkes.

Terkait dugaan ada kegiatan kampanye pada kegiatan tersebut, Dinkes tidak tahu karena saat acara berlangsung tidak ada satupun rangkaian yang berbau kampanye. “Pada saat pelaksanaan di situ mereka (Dinkes) tidak tahu. Kalau ada foto-foto yang berkaitan memakai salam ciri khas pasangan calon tertentu itu, mereka mengaku tidak tahu karena setelah kegiatan langsung ke Pandeglang, ada kegiatan yang sama di Pandeglang,” katanya.

Selanjutnya mengenai keterlibatan Plt Lurah Cilaku, Kecamatan Curug yang ternyata seorang kader Partai Hanura atau partai pengusung Syafrudin-Subadri. Faridi meminta klarifikasi kepada tim Syafrudin-Subadri. Keterangan yang didapatkan bahwa kedatangan Subadri Usuludin ke kegiatan yang di dalamnya ada Plt Lurah Cilaku merupakan atas undangan penguatan pemenangan.
“Klarifikasi dengan terlapor sih kita menerima bukti undangan dari anak cabang pengurus Partai Hanura, bahwa Pak Badri (Subadri Usuludin) diundang oleh mereka untuk penguatan,” ucapnya.

Panwaslu, kata dia, akan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk ke Panwaslu Kota Serang. Tindak lanjut dilakukan dengan cara meminta klarifikasi kepada terlapor. Hal tersebut dilakukan untuk menentukan status laporan. “Apakah nanti laporan ini ditindaklanjuti atau tidak ditindaklanjuti, atau juga laporan ini memenuhi unsur pelanggaran atau tidak,” tuturnya.

Bantah pelanggaran

Sementara itu, tim Syafrudin-Subadri Usuludin membantah telah melakukan pelanggaran kampanye seperti yang dilaporkan oleh tim kuasa hukum paslon nomor urut 1 Vera-Nurhasan ke Panwaslu Kota Serang. Ketua tim Syafrudin-Subadri, Iyos Rosadi mengatakan, terkait dugaan pelanggaran Plt Lura Cilaku, Iyos menjelaskan bahwa Subadri datang ke acara tersebut karena memenuhi undangan PAC Partai Hanura.

Di dalam acara tersebut memang ada konsolidasi partai, karena Hanura adalah salah satu partai yang mengusung paslon Syafrudin-Subadri. “Kan wajar kalau paslon hadir setiap kegiatan partai yang mengusungnya. Jadi kami kira tidak ada pelanggaran yang kami lakukan,” ujarnya.

Selanjutnya, tutur dia, terkait kedatangan Syafrudin pada kegiatan yang dilakukan pada tanggal 2 Maret lalu di daerah Pipitan, Kecamatan Walantaka, karena memenuhi undangan ormas yang melaksanakan kegiatan ini. “Beliau diundang untuk membuka acara tersebut. SK sebagai pembina juga jelas ada,” katanya.

Pada acara tersebut Syafrudin tidak menggunakan atribut calon wali kota. Selain itu, tidak ada bahasa ajakan, penyampaian visi-misi, dan kampanye. Adapun adanya laporan salam 3 jari, itu spontan yang disuarakan oleh kader ormas pada saat berfoto bersama. “Salam 3 jari diluar kehendak dia (Syafrudin),” ucap Iyos. (SN)***


Sekilas Info

Masih Banyak Rumah Tidak Layak Huni di Desa Tengkurak

SERANG, (KB).- Warga Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa masih banyak yang memiliki rumah tidak layak huni. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *