Jumat, 20 Juli 2018

Pantai Sawarna Jadi Idola Wisatawan

Kehadiran Pantai Sawarna, terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak menjadi simbol wisata di Lebak. Wisata yang terkenal sejak lama sebagai desa wisata ini, kini menjadi idola para wisatawan mancanegara atau wisman. Wisata yang berada di ujung Kota Multatuli Lebak ini menyimpan keajaiban alam. Karena di pantai tersebut terdapat Tanjung Layar, yakni dua batu karang berdiri tegak di permukaan pantai. Tidak saja batu layar, di sana juga ada Pantai Legon Pari dan wisata lainnya.

Karenanya, sejak liburan panjang kemarin ribuan wisatawan lokal dan mancanegara memadati sejumlah kantong wisata di Sawarna. Selain bisa mengisi waktu weekend, wisatawan bisa menikmati suasana alam indah sambil menginap di homestay-homestay sekitar lokasi.

Bagi Anda yang bepergian ke Kabupaten Lebak akan merasa rugi jika tidak singgah di Sawarna. Selain tersedia penginapan, di lokasi juga banyak kuliner lokal. Saat ini pengunjung tidak saja berasal dari Banten, namun banyak wisatawan dari Bogor dan Bandung mengisi liburan panjang di Sawarna.

Pemilik homestay, Umi Ratih mengatakan, lokasi wisata ini ramai tidak saja liburan lebaran. Tetapi hari-hari biasa, terutama Sabtu-Ahad banyak disinggahi wisatawan. “Ya, hari ketiga lebaran banyak turis datang ke tempat ini. Dari Espanyol, Belanda banyak datang ke Sawarna. Mereka ingin menikmati kemurnian ombak Sawarna dan memandangi Tanjung Layar,” ujar Umi Ratih.

Menurut dia, wisata ini terkenal sejak lama. Sebab, Sawarna ini merupakan desa wisata yang namanya cukup menasional. Bahkan, nama Sawarna bergeming di mata internasional.  “Ya, banyak wisatawan asing dari Espanyol, Belanda datang ke sini. Ini menandakan bahawa Sawarna cukup go internasional,” ucapnya.

Ketua Lifeguard Pantai Sawarna, Erwin Komarasukma mengatakan, Pantai Sawarna ini telah menjadi wisata favorit di Banten, nasional dan internasional. Selain memiliki banyak keindahan alam pantai dan pengunjung bisa menikmati indahnya sunset saat sore hari. Sawarna juga terkenal dengan Tanjung Layarnya. “Iya, di sini banyak keindahan alam dan cocok untuk berburu selfie,” tutur Erwin.

Lokasinya mudah diakses

Dari pusat Banten Anda cukup menempuh waktu empat jam sudah sampai ke Sawarna. Sebaliknya dari Jakarta bisa lima jam, dan dari Sukabumi selama satu jam. “Wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam, kuliner dan bisa melepas lelah sambil menginap di homestay masyarakat. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan air terjun dari batu karang yang membatasi bantaran pantai. Wah, pokoknya setiap pengunjung yang singgah di Sawarna akan merasa ketagihan untuk datang kembali ke lokasi tersebut,” katanya. (Endang Mulyana)*


Sekilas Info

Situs Patapaan Tambah Fasilitas

Situs Patapaan yang berlokasi di Desa Nagara, Kecamatan Kibin mulai mendapat perhatian. Hal itu terlihat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *