Pantai Guha Gede, Pesona Alam yang Tersembunyi di Desa Cilograng

Pantai Guha Gede merupakan objek wisata di Kabupaten Lebak yang tak kalah menarik dibandingkan daerah lain di Indonesia. Semisal Bali dan Lombok atau tempat wisata lainnya yang lebih dikenal wisatawan asing dari mancanegara. Kabupaten Lebak memiliki segudang potensi wisata pantai, seperti pantai dan laut Sawarna, Bayah yang dikenal luas para peselancar air mancanegara, sejumlah potensi wisata lain seperti Pantai Bagedur, pemandian air panas, berbagai air terjun, wisata goa, serta wisata religi, merupakan aset daerah yang belum digali secara optimal.

”Kabupaten Lebak juga beragam memiliki potensi lain, seperti wisata religi, curug atau air terjun, termasuk wisata budaya Seren Taun Masyarakat Adat Kasepuhan, dan yang paling unik dan sudah dikenal dunia, adalah wisata pada permukiman masyarakat adat Baduy di Kecamatan Leuwidamar. Harus kami akui masih sangat banyak potensi wisata yang belum tergali secara optimal, bahkan belum terdata secara lengkap,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Lebak Imam Rismahayadin kepada Kabar Banten, beberapa waktu lalu.

Menurut Imam, selain Pantai Sawarna, Bagedur, Pulo Manuk, dan Pantai Karang Taraje, di wilayah selatan Kabupaten Lebak masih terdapat sejumlah pantai lain yang tak kalah indah untuk dikunjungi seperti misalnya pantai di Kecamatan Cilograng, yang berbatasan dengan Sukabumi Jawa Barat.

Salah seorang anggota Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lebak, Jumarta yang juga warga Desa Cilograng membagikan cerita tentang keindahan Pantai Guha Gede yang masih tersembunyi di sebuah desa di Kecamatan Cilograng.

Penamaan lokasi wisata Pantai Guha Gede, yang berarti Pantai Goa Besar, didasarkan pada lafal pengucapan orang sunda yang menyebut goa dengan guha dan gede untuk sesuatu yang besar. Untuk menggambarkan keindahan dan pesona Pantai Guha Gede, berikut tulisan Jumarta yang dikirimkan kepada Kabar Banten, akhir pekan lalu.

Pantai Guha Gede terletak disebelah Selatan Desa Cilograng, dengan bibir pantai yang terbentang sekitar 1,5 km dilengkapi dengan pasir putih dan karang menjulang yang sangat indah. Pantai ini dinamakan Guha Gede karena adanya goa besar yang berada di pesisir pantai yang langsung menghadap pantai.

Karang yang tinggi dan terhampar luas serta ombak yang menerjang karang-karang sangat cocok untuk fotografi dan videografi. Selain keindahan pantainya, Guha Gede juga menjadi objek bagi para pemancing karena banyak ikan yang besar yang berkeliaran di sekitar perairan laut selatan itu.

Pantai Guha Gede berada di sebelah selatan Kabupaten Lebak, berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di Desa Cilograng Kecamatan Cilograng. Dari pusat pemerintahan, Kota Rangkasbitung, ke Kecamatan Cilograng yang berada di ujung selatan Kabupaten Lebak dengan jarak sekitar 165 km itu dapat ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar enam jam.

Dari pusat pemerintahan Kecamatan Cilograng lokasi Pantai Guha Gede berjarak sekitar 7 km. Namun untuk mencapai lokasi itu, pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Lamanya waktu tempuh menuju lokasi itu diakibatkan kondisi jalan atau kaswes jalan ke lokasi itu yang masih belum tertata dengan baik. Selain lebar jalan yang kurang memadai, sebagian besar masih berupa tanah merah, sehingga tak memungkinkan kendaraan roda empat untuk mencapai lokasi itu. (T. Soemarsono)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here