Pantai Gope Jadi Wisata Unggulan

WARGA memadati Pantai Gope di Karangantu, Kota Serang, beberapa waktu lalu.*

PANTAI Gope dan Kawasan Penunjang Wisata (KPW) Banten Lama akan menjadi wisata unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, saat ini dua lokasi tersebut, sedang dalam penataan dan jadi prioritas wisata di Kota Serang.

“Kawasan wisata yang menjadi prioritas Pemkot Serang saat ini ada dua lokasi. Pertama, Pantai Gope di Karangantu, Kecamatan Kasemen dan Kawasan Penunjang Wisata (KPW) Banten Lama. Yang lainnya memang belum kami kelola,” katanya, Jumat (2/8/2019).

Sementara, sasaran destinasi lainnya, yaitu salah satunya Banten Girang. “Insya Allah ke depan, kami juga akan mengembangkan kawasan wisata lainnya. Termasuk situs sejarah Banten Girang, nanti semuanya sambil berjalan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Serang Akhmad Zubaidillah mengatakan, saat ini yang menjadi prioritas untuk penataan, adalah KPW Banten Lama. Sebab, sebentar lagi asetnya akan diserahkan kepada Pemkot Serang, yang sebelumnya dipegang oleh Provinsi Banten.

“Saat ini, kami sedang fokus untuk menata Banten Lama setelah revitalisasi yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 300 miliar. Tugas kami ini memanfaatkan potensi wisata itu dengan baik. Karena kan sebentar lagi akan diserahkan kepada kami (aset) Banten Lama,” ujarnya.

Ia mengajak semua organisasi perangkat daerah (OPD) serta masyarakat, agar turut mempromosikan tempat wisata yang ada di Banten, khususnya Kota Serang. Oleh karena itu, pihaknya mengandalkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kota Serang. Terutama di sejumlah tempat wisata kota yang saat ini baru akan dikembangkan.

“Ini semua akan dikagumi masyarakat luas apabila ada promosi. Jadi ini tugas kami untuk mempromosikannya. Oleh karena itu, kami mengumpulkan Pokdarwis yang ada di Kota Serang. Tentu kami akan bangga, apabila tempat ini menjadi tujuan wisata bagi pengunjung yang datang ke Kota Serang,” ucapnya.

Namun, tutur dia, promosi wisata juga harus sesuai dengan keadaan tempatnya. Jangan sampai promosi yang dibesar-besarkan, tetapi lokasi wisata tidak diperhatikan, seperti KPW Banten Lama yang masih belum tertata secara keseluruhan.

“Di sana juga masih banyak sampah dan belum tertata rapi semuanya. Ini jadi tugas kami bersama. Kalau Pantai Gope, itu memang menjadi salah satu unggulan juga, tapi sekarang ini kan sudah rapi. Jadi, tinggal penataan Banten Lama saja,” kata mantan Kepala Disdikbud Kota Serang tersebut.

Selain penataan, Pokdarwis di Kota Serang harus menguasai Sapta Pesona. “Paling utama adalah kenyamanan, keamanan, dan keindahan yang harus menjadi perhatian lebih,” ucapnya. (Rizki Putri/Rifki)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here