Pansus PAD Bisa Cegah Kebocoran

LEBAK, (KB).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendorong terbentuknya Panitia khusus (Pansus) Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kehadiran pansus, selain dapat meningkatkan PAD, sekaligus mampu mencegah kebocoran.

Wakil Ketua fraksi PPP DPRD Lebak, Musa Weliansyah mengatakan, Pansus PAD dianggap sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah. Tidak hanya itu, pansus juga nantinya mencegah terjadinya kebocoran PAD. Sehingga, keberadaan pansus dinilai sangat diperlukan demi tercapainya harapan Kabupaten Lebak lebih baik.

“Eksekutif dan legislatif harus bersinergi dalam segala hal, terutama sama-sama mendukung dan membentuk Pansus PA ini,” kata Musa Weliansyah, Rabu (16/10/2019).

Pihaknya akan berjuang mengajak seluruh teman-teman di DPRD agar Pansus PAD tahun ini bisa terbentuk. Apalagi, terbentuknya pansus PAD bertujuan sangat baik agar PAD Lebak mengingat dan menghindari atau mencegah kebocoran.

“Saya yakin dan optimistis, jika pansus PAD terbentuk. Maka, tahun 2021 nanti PAD bisa tembus diangka Rp 500 Miliar,” ucapnya.

Menurutnya, pansus PAD merupakan jalan terbaik untuk Lebak lebih maju lagi. Melalui pansus PAD, nantinya bisa diketahui dari sektor mana saja PAD, termasuk upaya untuk menggalinya. Dengan terbentuk pansus, maka semua akan kebuka dan diketahui apa kelemahan dan kekurangannya.

“Yang penting ada niatan baik dan serius dari eksekutif dan legislatif untuk meningkatkan PAD,” ujarnya.

Ia mencontohkan, PAD sektor pariwisata, pasar dan retribusi parkir misalnya, itu sejauh ini di Kabupaten Lebak belum terkelola dengan baik.

Di daerah lain, seperti Kabupaten/Kota Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan hampir semua pasar, pariwisata dab retribusi parkir dikelola pemerintah daerah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMD). “Sementara PAD Lebak dari tiga sektor itu masih sangat rendah,” ujarnya.

Ketika terbentuk pansus, kata dia, maka semua sektor bisa tergali, bukan hanya soal pasar, pariwisata, dan retribusi parkir, tapi juga pertambangan, industri dan lainnya.

Selama ini banya usaha-usaha ilegal yang tidak ada retribusi untuk daerah. Maka, dengan adanya pansus pemerintah tentu bisa terbantu dalam mempermudah perizinan agar setiap usaha yang di jalankan di Lebak ada pemasukan untuk PAD. “Saya optimis PAD Lebak bisa meningkat dengan adanya pansus,” ujarnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here