Panitia Janjikan Porprov V Banten 2018 Meriah

Panitia penyelenggara Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) Banten berjanji akan menampilkan pertunjukan yang semeriah mungkin dalam pembukaan event olah raga empat tahunan tersebut. Hal tersebut dimaksudkan agar Porprov V Banten 2018 memberikan kesan yang positif bagi masyarakat.

“Insya Allah Porprov V Banten akan kami kemas semarik mungkin,” ujar Wakil Ketua I Poprov Banten, Soma Atmaja saat dihubungi wartawan. Ia mengatakan, arak-arakan api obor Porprov Banten telah berjalan dalam beberapa hari terakhir dengan berkeliling kabupaten dan kota di Provinsi Banten. Api obor tersebut akan terus diarak hingga 3 November 2018 mendatang.

“Kabupaten Tangerang akan menjadi daerah yang disinggahi kirab obor. Setibanya di Kabupaten Tangerang api obor tersebut akan diarak keliling 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang,” kata Soma.

Ia menjelaskan, api abadi obor tersebut diambil dari gas alam pos Bitung Pertamina. Rute yang dilewati kirab tersebut mulai dari Kota Serang, kemudian ke Kabupaten Serang, lanjut ke Kota Cilegon. “Setelah menginap di Kota Cilegon, api obor akan dibawa ke Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, lanjut ke Kota Tangerang Selatan, ke Kota Tangerang dan terakhir di Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah,” ucap Soma.

Di tempat terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Dadi Budaeri melepas 684 orang atlet kontingen asal Kota Tangerang untuk mengikuti Pekan Olah raga Provinsi Banten ke-5 di Kabupaten Tangerang. Dalam ajang bergengsi tersebut, Pemkot Tangerang optimistis dapat memborong berbagai medali untuk dibawa pulang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dady Budaeri mengatakan, persiapan teknis mengenai perekrutan dan pembinaan atlet, sudah maksimal dilakukan oleh KONI dan Dinas Pemuda dan Olah Raga. “Kita sudah melakukan persiapan selama 3,5 tahun. Kita harapkan dengan persiapan yang panjang target perolehan suara dapat dicapai,” tuturnya.

Ketua Umum KONI Banten, Rumiah Kartoredjo berharap pelaksanaan Porprov V Banten dapat berlangsung dengan lancar. Rumiah mengatakan, hasil dari Porprov V Banten akan menentukan prestasi Banten pada PON Papua 2020 mendatang.

“KONI mengharapkan hasil dari Porprov ini nanti akan memunculkan atlet-atlet yang potensial. Yang dimana atlet-atlet tersebut akan kami ikutsertakan ke babak kualifikasi PON. Karena 2019 mulai Februari sudah ada babak kualifikasi PON. Jadi kami sangat berharap Porprov ini betul-betul untuk meningkatkan prestasi bukan prestise,” tutur Rumiah.

Perlu diketahui, sebanyak 3.700 atlet dari delapan kabupaten dan kota di Banten akan memperebutkan 2.480 medali dari 39 cabang olah raga yang dipertandingkan pada Porprov V Banten 2018. Medali tersebut terdiri dari 741 emas, 741 perak dan 998 medali perunggu. (FI/DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here