Panglima TNI Tabur Bunga di Selat Sunda

CILEGON, (KB).- Dua hari menjelang puncak acara HUT ke-72 TNI, Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmayanto melakukan ziarah dan tabur bunga di Selat Sunda, Selasa (3/10/2017). Hal tersebut dilakukan dalam rangka menghormati para pahlawan dari unsur angkatan laut dan udara yang tewas di laut, saat memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tabur bunga dilakukan Panglima TNI dari atas KRI dr Soeharso-990. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Staf TNI AD, Jenderal Mulyono, Kepala Staf TNI AL, Laksamana Ade Supandi, Kepala Staf TNI AU, Marsekal Hadi Tjahjanto, serta perwira tinggi Mabes TNI lainnya. Ia seusai acara mengatakan, acara tabur bunga merupakan rangkaian dari HUT ke-72 TNI. Makna acara tersebut, menghormati para pahlawan yang tewas di Selat Sunda.

“Di sini banyak pahlawan dari angkatan udara dan laut yang tewas tenggelam saat peperangan. Merekalah yang kami ziarahi saat ini, makam para prajurit yang setia dan cinta kepada tanah air. Mereka rela mengorbankan nyawa demi kemerdekaan bangsa,” katanya.

Ia menuturkan, pihaknya tetap memerhatikan para prajurit yang gugur di mana pun mereka berada. Untuk itulah, dia juga telah berziarah ke makam bung Karno di Blitar, Presiden Abdurrahman Wahid di Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, Presiden Soeharto di Astana Giri Bangun, Jawa Tengah, dan Makam Panglima Besar Jenderal Sudirman di Yogyakarta, Jawa Tengah.

Selain itu, dia juga mengunjungi Taman Makam Pahlawan Sereja Baucau dan Taman Makam Pahiawan Seroja di Timor Leste. “Kami juga telah merenovasi makam di sana, sehingga layak menjadi taman makam pahlawan,” ujarnya.

Acara tersebut dilakukan seusai TNI menggelar geladi bersih di Pelabuhan Indah Kiat Pulp and Papper (IKPP) Merak. Ia menilai, para prajurit telah siap untuk memperlihatkan kemampuan mereka, pada atraksi HUT ke-72 TNI, Kamis (5/10/2017) nanti. “Saya lihat mereka sudah bagus. Berarti tinggal masalah teknis kecil saja yang perlu disempurnakan,” ucapnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banten, Kolonel Laut (P) Rudi Haryanto mengatakan, telah menyiapkan pasukan pengamanan (Pam) di laut. Ini seiring sterilisasi Perairan Selat Sunda yang telah diberlakukan sejak awal pekan ini. “Kami sudah berlakukan wilayah steril di perairan. Untuk menjaga hal itu, kami juga sudah siapkan Pam, agar kapal yang mendekat saat kegiatan berlangsung segera di halau,” tuturnya.

Wilayah steril perairan, kata dia, adalah 10 mil dari sasaran tembak terjauh. Namun, dia tidak spesifik menerangkan letak sasaran tembak terjauh tersebut. “Untuk titiknya saya lupa lagi, ada di peta padahal. Tapi, yang pasti, 10 mil dari sasaran tembak terjauh,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PT ASDP Indonesia Ferry dan KSOP Banten tentang sterilisasi tersebut. “Melalui KSOP Banten, kami sudah siarkan persoalan sterilisasi perairan. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat atraksi berlangsung,” ucapnya. (AH)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here