Senin, 20 Agustus 2018

Pandeglang Tolak Impor Beras

‎PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita menolak impor beras. Karena selain stok beras di Pandeglang aman, juga para petani baru saja menuai hasil panen. “Pekan lalu , panen raya di sejumlah  daerah di Pandeglang, dihadiri Dirjen Kementerian Pertanian. ‎Di Kecamatan Kaduhejo, sekitar 20 hektare panen padi. Panen raya juga dibarengi panen tanaman jagung di sejumlah wilayah kecamatan.

Saya tegaskan,  Pandeglang menolak beras impor. Saya pun sudah sampaikan ke Sub Divre Pandeglang-Lebak agat siap menampung beras lokal. Ya, beras lokal Pandeglang cukup berkualitas dan namanya terkenal. Beras Cimanuk, beras pandan, sampai beras huma pun ada di Pandeglang. Jadi, berikan kemudahan petani untuk menjual hasil panennya,” kata Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita kepada Kabar Banten, Sabtu (13/1/2018).

Soal rencana Kementerian Perdagangan akan impor beras sebanyak 500 ton per tahun uni. Kata Irna, itu kebijakan pemerintah pusa  guna mengantisipasi kenaikan harga beras. Tetapi inpor tersebut  tidak untuk Pandeglang. Sebab Pandeglang sebagai lumbung padi dan sampai sekarang penyumbang pangan terbesar di Banten. Mengenai kondisi harga beras di Pandeglang, lanjut Irna relatif  terkendali. “Ya,harga masih normal. Jika terjadi lonjakan harga seperti di kabupaten/kota lain pemerintah akan mengambil kebijakan operasi pasar,” ujarnya.

“Tidak saja beras, Pandeglang juga ditarget tahun ini untuk menyukseskan program tanaman padi, jagung kedelai seluas 200 ribu hektare. Kita akan kerja keras untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif,” ujarnya.

‎Menurut Irna , memasuki akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018, Pandeglang masih bisa panen raya. Meski kondisi  cuaca saat ini  kurang bersahabat, namun  tidak memperngaruhi produksi tanaman padi. “Data di Dinas Pertanian , produksi  tanaman padi masih bagus dan aman dari hama. Dipastikan cuaca tidak berdampak , dan petani akan tetap memanen hasil tanaman padinya,” ujarnya. (EM)***


Sekilas Info

RAYAKAN KEMERDEKAAN, TIGA KAMPUNG TERBEBAS DARI “DOLBON”

PANDEGLANG, (KB).- Laz Harfa yang bermitra dengan Caritas Australia dan Australian Aid menggelar Deklarasi ODF …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *