Pandeglang Kembangkan Wisata Religi

makam syeikh maulana mansyur

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk mengembangkan wisata religi yang ada di daerah setempat. “Pariwisata merupakan andalan kami dalam mengembangkan perekonomian daerah. Karena itu semua poteni digarap, termasuk wisata religi,” kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita di Pandeglang, Selasa (6/6/2017).

Ia menyatakan, wisata religi potensial dikembangkan di daerah tersebut, banyak objek wisata religi di pandeglang yang selama ini terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. “Wisata religi potensial dan ini cocok dengan kondisi masyarakat Pandeglang yang terkenal agamis,” ujarnya. Ia menyatakan, selama ini banyak objek wisata religi di daerah tersebut, yakni tempat-tempat ziarah ulama dan paling banyak dikunjungi wisatawan. “Kalau selama ini objek wisata religi hanya tempat penziarahan, ke depan semuanya akan dikemas secara religius, termasuk objek wisata alam,” ucapnya.

Iklim Pariwisata Agamis

“Pandeglang dikenal sebagai ‘daerah seribu kiai sejuta santri’, karena itulah pembangunan pariwisata diarahkan sejalan dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama,” tuturnya. Pariwisata merupakan objek, jadi bergantung mau dibentuk seperti apa. Untuk Pandeglang diupayakan menciptakan iklim pariwisata yang agamis.

Menurut dia, dari sekian banyak objek tempat wisata di pandeglang, yang paling banyak pengunjungnya, justru objek wisata religi. Di antaranya makam/penziarahan Syekh Mansyur Cikadueun dan penziarahan Syekh Asnawi Caringin. “Objek-objek wisata religi, seperti makam para wali bisa dikelola, sehingga ke depan lebih berkembang. Sehingga memberikan dampak ekonomi pada masyarakat sekitar, di antaranya dengan menjual cenderamata,” katanya. (Suni/”KB”)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here