Pandeglang Diguncang Getaran Gempa

PANDEGLANG, (KB).- Gempa diperkirakan berkekuatan 6,3 skala richter (SR) di Kota Sukabumi, getarannya hingga terasa ke Kota Pandeglang, Senin (12/6/2017). Menurut informasi, pusat gempa bumi tersebut di samudera hindia tepaynya 179 kilometer barat daya kota Sukabumi. “Ya, tadi pagi memang ada getaran beberapa detik saja, dan getaran itu terjadi sekitar pukul 06.00. Namun getarannya kecil dan tidak membahayakan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Dadi Supriadi kepada Kabar Banten, Senin (12/6/2017).

Menurutnya, informasi dari bagian pengendalian dan operasi (Dal Ops) BPBD, menyatakan terjadi getaran gempa dengan pusat gempa Kota Sukabumi. Namun getaran gempa yang dirasakan di Pandeglang sangat kecil. “Kalau getarannya sih kecil, karena pusat gempa itu masih terbilang jauh dari Kabupaten Pandeglang,” katanya.

Meski demikian, petugas BPBD tetap melakukan pengecekan ke sejumlah wilayah kecamatan, dan umumnya getaran gempa relatif kecil itu hanya teras di pusat kota.  “Tidak ada kerusakan bangunan, tidak ada keretakan, namun saja namanya juga geteran tentu sedikit membuat terkejut warga. Ya, saya juga merasakan getaran itu, tapi kecil,” katanya.

getaran gempa pagi hari

Sementara itu, salah seorang warga Cadasari, Ipan mengaku merasakan getaran gempa pagi tadi. Getarannya kecil dan hanya beberapa detik saja. “Ya, tetap saja terkejut, namun setelah tahu pusat gempa dari Kota Sukabumi, rasa cemas pun hilang,” katanya. Getaran gempa ini tidak membahayakan, karena kecil dan pusat gempa jauh dari perairan Pandeglang. “Ya, ini hanya imbas dari goncangan gempa Sukabumi aja,” katanya.

Hal hampir senada dikatakan Santa, warga Cihaseum Pandeglang. Ia mengaku merasakan getaran gempa pagi hari. “Saya sempat terkejut saat merasakan getaran. Meski kecil, tapi tetap saja namanya gempa mencemaskan. Tapi setelah tahu getaran itu akibat gempa terjadi di Sukabumi, hal itu tidak membuat kecemasan bagi warga Pandeglang,” katanya.

Hal yang sama diakui Sutan, warga Kadomas, merasakan getaran beberapa detik pagi tadi. “Pagi itu saya sedang berada di rumah, namun tiba-tiba saja terjadi getaran. Tadinya saya pikir getaran itu gempa di Ujung Kulon, eh setalah mengetahui informasi pusat gempa itu dari Kota Sukabumi. Ya sih, sempat membuat panik saya dan keluarga, tapi setelah tahu gempa itu terjadi di Sukabumi, rasa takut juga hilang,” katanya. (H-21/H-20)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here