Pandeglang Dapat 300 PJU Tenaga Surya

PANDEGLANG, (KB).- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang Dadan Tafif Danial mengatakan, tahun ini Pandeglang mendapat bantuan 300 unit Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya dari Kementerian ESDM. Sesuai rencana, ratuan PJU tersebut akan dipasang di 10 kecamatan.

“Sedangkan untuk pengadaan PJU konvensional dari pemerintah daerah sebanyak 45 titik yang tersebar di empat kecamatan yakni Sumur, Cibitung Pagelaran dan Cadasari. Adapun untuk pembangunan PJU konvensional tahun 2019, Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 79 juta di 20 titik, tersebar di enam kecamatan,” kata Kepala Dishub Pandeglang Dadan Tafif Danial saat peresmian fasilitas lampu PJU oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita di Desa Sukamanah, Kecamatan Kaduhejo, Jumat (22/2/2019).

Peresmian PJU di Desa Sukamanah ditandai dengan pengguntingan pita dan pengaktifan gardu induk oleh Bupati Irna Narulita. Hadir dalam acara tersebut Muspika dan masyarakat Sukamanah.

Kepala Dinas Perhubungan Dadan Tafif Danial mengatakan, sedikitnya ada 11 unit PJU yang terpasang di jalan utama Desa Sukamanah. “Sedangkan untuk pemasangan PJU se-Kecamatan Kaduhejo berjumlah 69 titik,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, bantuan PJU dari Kementerian ESDM dan pemerintah daerah patut disyukuri. “Dalam hal ini pemerintah terus berupaya untuk membangun daerah melalui program-program pembangunan. Kali ini kita resmikan penerangan jalan umum, semoga bermanfaat,” ujar Irna.

Menurut dia, kondisi PJU yang dipasang juga tampak lebih tinggi, sehingga tidak mudah dipecahkan atau dicuri oleh tangan-tangan jahil.

“Oleh karena itu, saya berharap agar PJU ini dijaga dengan baik, jangan sampai dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebab ini semua merupakan fasilitas umum, manfaatnya untuk hajat hidup orang banyak yang patut dijaga bersama,” ucapnya.

Sementata itu, Indra salah seorang warga Sukamanah mengatakan, sebelum dipasang lampu penerangan jalan di kawasan tersebut tidak terang benderang karena hanya mengandalkan penerangan dari lampu milik rumah warga.

“Ya, aktivitas warga di malam hari sedikit terganggu. Namun sekarang setelah dipasang PJU, kawasan jalan Sukamanah kalau malam hari tidak lagi gelap. Bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga Sukamanah,” ujarnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here