Panahan, Olahraga Yang Di Sunahkan Rasul

SERANG, (KB).- Olahraga panahan yang jarang diminati anak muda justru menjadi olahraga rutin salah satu organisasi pemuda bernama Lingkar Studi Pemuda (LSP) yang berlokasi di Ciruas, Kabupaten serang. Mereka menyukai dan menekuni panahan karena merupakan olahraga yang disunahkan Rasulullah SAW.

Pantauan di lokasi yang merupakan beberapa petak sawah sudah kering dan difungsikan sebagai lapangan tembak di wilayah Ciruas, Kabupaten Serang, belasan muda-mudi bergantian menarik busur panah dan melesatkan anak panah menuju target yang sudah dipasang setelah sebelumnya melakukan peregangan dan doa.

Salah seorang pengurus LSP, Nurdin Elbantany mengatakan, LSP merupakan organisasi untuk membantu pemuda dan pelajar pada ranah minat bakat ke-Indonesiaan dan ke-Islaman, sehingga dipilihlah olahraga panahan.
“Pertama untuk sunah, karena memang memanah adalah olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Kedua, di panahan ini melatih emosi, fokus dan kekutan si pemanah agar fisiknya bagus,” katanya kepada Kabar banten, Minggu (1/4/2018).

Ia mengatakan kegiatan panahan tersebut rutin dilaksanakan LSP setiap hari Minggu sore dan sudah berjalan sejak awal tahun 2018. Untuk pesertanya sendiri, menurutnya sudah ada sekitar 50 orang peserta yang sudah bergabung di WAG LSP yang 70 persen di antaranya merupakan kaum perempuan. “Untuk saat ini kisaran 50-an anggotanya, paling banyak bahkan 70 persen perempuan. Namun karena banyak kesibukan mungkin jadi yang hadir gantian,” tuturnya.

Ia berharap, setelah anggota mengikuti latihan panahan tersebut. Saat pulang mereka juga bisa mengenalkan kepada masyarakat olahraga yang disunahkan Rasulullah SAW. “Diharapkan bisa menjadi hobi agar juga membudaya di masyarakat mereka juga pulang di masyarakat bisa membawa panahan ini, serta menjaga sunah,” ujarnya. (Masykur)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here