Panahan Banten Pastikan 7 Atlet ke PON Papua 2020

SERANG, (KB).- Cabang olah raga (Cabor) Panahan Banten, telah memastikan 7 pemanahnya melaju ke Pekan Olah raga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

Hal itu didapat setelah tim panahan nomor compound putra dan putri mampu menembus posisi 4 besar dan peringkat tiga di nomor recurve putra, melalui Pra-PON yang digelar di Lapangan Panahan Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Banten Ridwan mengatakan, tim compound putra mampu lolos setelah di babak perempat final mengalahkan tim putra Kalimantan Timur dengan skor tipis 221-220.

“Sementara di tim putri, Banten mampu lolos ke 4 Besar juga dengan mengalahkan Kalimantan Timur di babak 8 besar dengan skor 219-211,” ucapnya.

Ridwan menuturkan, panahan Banten di kategori putra berlaga bersama atlet-atlet dari DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Sementara di tim putri, Banten menembus 4 besar bersama tim Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur. Sedangkan DKI Jakarta lolos sebagai tim terbaik eliminasi, dengan begitu Banten mampu meloloskan total 6 pemanah dari nomor compound yakni 3 putra dan 3 putri,” katanya kepada Kabar Banten.

Sementara itu, Manajer Tim sekaligus Sekretaris Umum Perpani Banten Agus Cholis mengaku, Banten juga menambah satu tiket lolos ke PON Papua 2020 dari nomor recurve perorangan putra atas nama Ryan Rafi Adi Putro.

“Ryan tampil sebagai peringkat ketiga terbaik eliminasi. Ryan juga sebenarnya dapat wild card karena statusnya sebagai atlet Pelatnas. Tapi karena ingin membantu tim recurve Banten dia turun dieliminasi, bersyukur dia mampu menempati posisi 3 besar. Namun sayang tim recurve Banten gagal,” ujarnya.

Agus melanjutkan, kontingen Banten sebenarnya mempunyai kans besar menambah tiket PON dengan meloloskan 6 atlet lagi lewat nomor nasional. Tim putra dan putri Banten baru akan bertanding hari ini.

“Kalau target kami meloloskan tim putra dan putri ke posisi 4 besar, dan peluangnya besar sama seperti di nomor compound. Tapi sekali lagi butuh kerja keras agar bisa lolos, karena PON XX/2020 Papua masih berjalan dari tanggal 23-29 September,” tuturnya. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here