Selasa, 21 Agustus 2018

PADA FESTIVAL QASIDAH, BANTEN PALING BERPELUANG JUARA

SERANG, (KB).- Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten, Dr. H. Bazari Syam, menilai peserta asal daerah itu paling berpeluang menjadi juara umum pada Festival Qasidah 2017 di Padang, Sumatera Barat.

“Banten paling berpeluang. Selain pengalaman tanding, peserta asal Banten adalah para seniman qasidah yang sudah sangat terrkenal di level nasional,” kata H. Bazari Syam kepada kabar banten, Kamis (16/11/2017).

Ia menyebutkan, pada festival ke-21  tahun 2015 di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, misalnya Banten mendominasi di hampir semua cabang lomba. “Meski pada waktu itu hanya duduk di peringkat empat, namun perolehan juaranya merata,” kata Bazari.

Pada festival tersebut,  Banten juara I qasidah klasik dewasa putrid, juara I qasidah klassik remaja putra, juara II qasidah klasik dewasa putra, juara II wasidah klasik remaja putri. Kemudian, juara III bintang vokalis dewasa putri, juara harapan I bintang vokalis dewasa putra, dan  juara harapan I bintang vokalis remaja putri. “Dengan modal prestasi pada festival sebelumnya, Banten sangat bepeluang menjadi juara umum tahun 2017,” katanya.

Ia berharap, akan terus tumbuh bibit-bibit muda di bidang qasidah. Dengan demikian, Banten akan semakin menancapkan diri sebagai daerah religius. “Saya berharap, LASQI akan semakin bersemangan dalam mencetak kader seniman qasidah. Sebab potensi di Banten sangat besar. Selain sumber daya nya yang cukup tersedia, masyarakatnya juga sangat mendukung untuk tumbuh kembang seni qasidah,” ungkap H. Bazari.

Sementara itu, Bendahara LASQI Banten  H. Uesul Qurni, mengatakan pembibitan kader seni qasidah terus dilakukan. “Meski sering tersandung biaya, tapi pembibitan terus dilakukan. Alhamdulillah, para seniman qasidah tidak terlalu menuntut penghargaan berupa uang. Mereka mendapat kesempatan dikader saja sudah senang,” katanya. Ia berharap, kedepan penganggaran untuk kegiatan LASQI Banten semakin proporsional.  (SY)***


Sekilas Info

KISAH HAJI: Ditolong Sandal Cepit

CERITA-cerita unik seringkali menyertai kepulangan jemaah haji ke tanah air. Tak sedikit peristiwa yang menimpa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *