Pada Akhir Tahun, ASN Dilarang Tambah Cuti

SERANG, (KB).- Menjelang libur akhir tahun, seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dilarang menambah waktu cuti yang telah ditentukan. Hal tersebut dikatakan Wakil Wali Kota Serang, Sulhi Choir ditemui dalam acara pertemuan akhir tahun Bank Indonesia (BI) di Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten, Jumat (22/12/2017).

“Untuk akhir tahun ini, kami juga ikut menjaga kondusivitas daerah setempat masing-masing, karena akhir tahun ini merupakan salah satu liburan yang panjang bagi para ASN,” katanya kepada Kabar Banten. Ia menuturkan, liburan panjang ini harus diatur sebaik mungkin oleh para pegawai, agar para pegawai tidak menambah waktu libur panjang tersebut. “Jadi, cukup liburan panjang ini sebatas yang sudah diatur,” ujarnya.

Adapun waktu yang ditentukan, yaitu ASN akan libur pada Senin (25/12/2017) dan cuti bersama Selasa (26/12/2017). Kemudian, Senin (1/1/2018). “Jadi, pada Rabu (27/12/2017) dan Selasa (2/2/2018) langsung masuk dan apel dan membuka pelayanan seperti biasa. Kalau ada yang libur ke tempat yang jauh, harus memperkirakan kapan pulang. Kalau diperkirakan mendaratnya diperlukan waktu yang lama, sisanya itu harus izin. Jangan sampai tidak ada keterangan,” ucapnya.

Jika kedapatan mengambil cuti tambahan, pihaknya akan memberikan sanksi. ASN sudah harus masuk kerja pada Selasa (2/1/2018). “Bagi pegawai yang menambah jadwal liburnya, maka sanksi sesuai yang sudah diatur dalam peraturan,” tuturnya. Ia menuturkan, terkecuali untuk petugas Puskesmas maupun Satpol PP Kota Serang akan tetap menjalankan tugas mereka seperti biasanya.

Hal tersebut dikarenakan tugas mereka lebih merupakan pelayanan utama yang sangat dibutuhkan baik libur maupun hari biasa. “Kalau petugas Puskesmas dan Satpol PP biasanya tetap masuk, biasanya mereka bergantian tugas,” katanya.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang, Farah Rizki menjelaskan, menghadapi cuti bersama, seluruh ASN akan menghadapi libur, yaitu untuk Natal pada Senin (25/12/2017), cuti bersama pada Selasa (26/12/2017). Kemudian, cuti Tahun Baru pada Senin (1/1/2018).

“Pegawai berhak atas cuti tahunan, tetapi dikecualikan bagi pegawai yang memegang tanggung jawab sebagai bendahara, pemegang barang tidak diperkenankan, karena akan dilakukan cash opname dan stock opname,” ujarnya. (TM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here