PAD Sektor Perikanan Pandeglang Menurun

PANDEGLANG, (KB).- Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perikanan di Pandeglang menurun dibanding tahun sebelumnya. Dari nilai Rp 700 juta per tahun kini hanya bisa mendapatkan PAD sebesar Rp 600 juta pertahun.

Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna membenarkan ada penurunan sektor pendapatan asli daerah. Hal iti disebabkan tidak saja karena cuaca buruk juga banyak alat tangkap ikan berupa jaring milik nelayan mengalami kerusakan.

Menurut Suaedi, dengan menurunnya hasil tangkapan ikan para nelayan, Dinas Perikanan menyiapkan bantuan jaring nelayan. Bantuan itu akan diberikan langsung kepada para nelayan.

“Dari hasil tangkapan ikan 200 ton per tahun, sekarang menurun hanya 150 ton. Tapi kita dapat bantuan dari dana alokasi khusus sebesar Rp 1,5 miliar untuk jaring berbagai jenis dan dari provinsi mendapatkan bantuan kapal di Sidamukti. Bantuan itu untuk meningkatkan produksi ikan. Produksi ikan terbesar selama ini di Labuan, karena nelayannya banyak di Labuan,” kata Kadis Perikanan Suaedi Kurdiatna kepada Kabar Banten, Senin (20/1/2020).

Meski terjadi penurunan hasil tangkapan ikan nelayan, namun diyakini potensi ikan di perairan Pandeglang masih berlimpah ruah. Sementara itu, lanjut Suaedi, untuk mengantisipasi musim paceklik pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengatasi kerentanan sosial.

“Saya sudah koordinasi dengan Dinsos dan Dinas Ketahanan Pangan. Sebab, bantuan sosial itu leading sektornya ada di dua dinas tersebut. Semuanya sudah siap tinggal menungu laporan dari bawah,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini perekonomian nelayan masih dalam kategori belum mengkhawatirkan. Hanya saja Dinas akan memberikan fasilitas kepada para kelompok nelayan agar bisa mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah daerah.

“Saya sudah menyampaikan melalui UPT, tolong antisipasi jika ada kekhawatiran musim paceklik dan kita sudah siap untuk membantunya bersama dinas terkait,” ucapnya.

Selain itu, Suaedi sudah menjalin kerja sama dengan swalayan PT SJ untuk menampung hasil olahan ikan dengan kemasan berkualitas dan higienis. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here