Rabu, 16 Januari 2019

PAD Pariwisata Pandeglang Diprediksi Anjlok

PANDEGLANG, (KB).- Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang, E. Supriadi memprediksi target pendapatan asli daerah atau PAD dari sektor pariwisata bisa anjlok. Kondisi tersebut dipengaruhi dampak bencana tsunami yang mayoritas merusak destinasi wisata pantai di Pandeglang.

Menurut dia, target pendapatan dari sektor pariwisata tahun 2019 sebesar Rp 215 miliar, namun target tersebut rasanya tidak akan tercapai. Malah sebaliknya, lanjut Supriadi, pendapatan tersebut akan turun drastis. Sedangkan pariwisata selama ini menjadi andalan pendapatan, karena di dalamnya ada pajak hotel dan restoran.

Meski demikian, lanjut Supriadi, penurunan pendapatan asli daerah itu bisa terjadi, kalau pemerintah daerah tidak cepat melakukan pembenahan wilayah yang terdampak tsunami.

“Beberapa destinasi wisata pantai yang terdampak tsunami yakni Pantai Carita, Tanjung Lesung dan wisata pantai di Sumur. Itukan selama ini banyak menyumbang PAD, sehingga kita harus bersama-sama membangkitkan sektor pariwisata agar wisatawan bisa kembali ke Pandeglang,” kata Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang, E. Supriadi kepada Kabar Banten, Jumat (11/1/2019).

Sementara itu Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, untuk meningkatkan sektor pendapatan pariwisata pemerintah akan mengaktifkan setiap kegiatan instansi di tempat wisata lokal.

“Saya sudah instruksikan kepada kepala dinas pariwisata agar kegiatan rapat dilakukan di Carita dan Tanjung Lesung. Termasuk memanfaatkan fasilitas hotel dan homestay yang ada di Pandeglang,” tuturnya.

Selain itu, bupati meminta bantuan pemerintah pusat dan provinsi agar menggeser setiap kegiatan di destinasi wisata Pandeglang.

“Rencananya rakor dari kementerian juga akan dibawa ke Carita dan Tanjung Lesung. Jadi kita berharap semua event pemprov bisa dibawa ke sini agar bisa menyakini kalau Pandeglang itu aman untuk dikunjungi,” ucapnya.

Sementara itu, Sales Manager Mutiara Carita, Uding Saprudin mengatakan, pihaknya sudah siap menerima wisatawan yang akan berkunjung ke Carita. Saat ini sudah dilakukan pembenahan terhadap fasilitas yang ada.

“Kita sudah lakukan perbaikan satu hari pascatsunami. Bahkan Mutiara Carita sudah buka kembali seperti biasa. Untuk itu, ia berharap tidak ada alasan untuk berkunjung ke Carita selain untuk menginap berlibur akhir pekan, Kita menyiapkan untuk workshop, pelatihan atau mungkin rapat-rapat bagi dinas,” ujarnya. (IF)*


Sekilas Info

Toyota Rush Terperosok ke Jurang

PANDEGLANG, (KB).- Sebuah mobil Toyota Rush putih A 1286 KD mengalami kecelakaan tunggal terperosok ke jurang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *