Optimalkan Pencegahan Covid-19, PMI Cilegon Libatkan Tim Sibat

CILEGON, (KB).- Untuk mengoptimalkan pencegahan virus corona atau Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon menginstruksikan kepada tim relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat). Kegiatan yang bersifat sosialisasi tersebut, langsung diarahkan melalui pesan WhatsApp (WA) oleh Kepala Divisi Kebencanaan Alim Hidayat.

“Baru saja kami melakukan komunikasi dengan puluhan relawan Sibat se-Kota Cilegon, agar mereka bisa ikut membantu dalam menyosialisasikan pencegahan virus Covid-19. Sejumlah tips-tips pencegahan, seperti pola hidup bersih dan sehat telah kami kirim melalui grup Sibat di telepon seluler,” katanya kepada Kabar Banten, Rabu (1/4/2020).

Ia menuturkan, relawan Sibat sebelumnya sudah diberikan pelatihan untuk melakukan sosialisasi dan meminimalisir apabila di daerah terjadi bencana baik alam maupun nonalam. Peran serta relawan Sibat, tutur dia, sangat dibutuhkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, agar jangan panik.

“Ada puluhan relawan Sibat yang tersebar di berbagai kelurahan se-Kota Cilegon. Setelah mendapat instruksi, mereka akan melakukan sosialisasi dengan alat media. Baik itu berupa spanduk, pamflet atau melalui WhatsApp grup lingkungannya. Minimal, ketika ada informasi terbaru terkait denga kejadian virus corona, mereka akan menambahkan kata tetap di rumah saja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Cilegon Nurwarta Wiguna menuturkan, sosialisasi pesan berantai yang dilakukan oleh tim Sibat dilakukan, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, untuk antisipasi langkah-langkah apa dan bagaimana dalam menanggulangi bencana nonalam tersebut.

“Pesan dan instruksi yang dilakukan oleh tim Sibat berupa standar pertolongan kesehatan, misalnya apabila masyarakat ingin membuat disinfektan, bisa langsung dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan sekitar. Kemudian, juga pembuatan hand sanitizer alami yang memakai daun sirih ternyata cukup efektif dan bisa didapat di pekarangan rumah,” ucapnya.

Selain relawan Sibat, pihaknya juga memanfaatkan jaringan relawan lainnya, seperti Palang Merah Remaja (PMR), Tenaga Sukarela (TSR), dan Korps Sukarela. Dalam pencegahan penyebaran Covid-19, PMI Kota Cilegon juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here