Optimalisasi Peran Kamtibmas Jelang Pilkada Kota Cilegon 2020

MENJELANG dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Kepolisian Resor (Polres) Cilegon melalui Satuan Bimbingan Masyarakat (Satbinmas) menggelar focus grup discussion (FGD) dengan tema Optimalisasi Peran Bhabinkamtibmas Menghadapi Pilkada Serentak 2020 di daerah hukum Polres Cilegon.

Kegiatan yang digelar di Aula DPRD Kota Cilegon Kamis (23/1/2020), dihadiri 130 Bhabinkamtibmas, para kepala unit (Kanit), dan perwira unit kepolisian sektor di jajaran Polres Cilegon.

Selain itu, tampak hadir Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana, S. Ik, MH, Kasat Binmas AKP Yudi Permana, SH, Kasat Lantas, Kasat Sabhara, Kasat Intelkam, dan KBO Satreskrim.

Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, kebutuhan Bhabinkamtibmas di daerah hukum Polres Cilegon sudah terpenuhi, yakni satu desa (kelurahan) satu Bhabinkamtibmas.

Oleh karena itu, dia berharap, para Bhabinkamtibmas dapat melaksanakan tugas dengan baik, penuh dengan rasa tanggung jawab dan ikhlas.

“Saya ingin, agar Bhabinkamtibmas dapat menyelesaikan segala permasalahan yang ada di desa maupun kelurahan binaannya masing-masing,” katanya.

Bagi personel yang baru, ujar dia, agar dapat menyesuaikan diri dan mengenali wilayah tempat tugasnya.

“Jadilah duta kamtibmas dan buatlah inovasi serta pererat sinergitas TNI-Polri dan pemerintah di desa/kelurahan binaan.

Menurut dia, fungsi Bhabinkamtibmas merujuk pada Pasal 26 Perkap Nomor 3 Tahun 2015, di mana fungsinya, adalah melaksanakan kunjungan atau menyambangi kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya.

“Jangan sampai peran Bhabinkamtibmas tidak optimal,” ujarnya.

Perwira yang mempunyai pangkat dua bunga melati dipundaknya tersebut menuturkan, Bhabinkamtibmas harus dapat memelihara hubungan silaturahmi dan persaudaraan, membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran.

Selain itu, Bahabinkamtibmas harus menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri berkaitan dengan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat. Memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan. Menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif.

Staf Humas Polres Cilegon Ipda Sigit mengatakan, tugas pokok Bhabinkamtibmas bukan saja menciptakan rasa aman, akan tetapi lebih dari itu, yakni melakukan pembinaan masyarakat.

Komunikasi yang dilakukan Bhabinkamtibmas, ucap dia, berupa menyampaikan pesan-pesan dan imbauan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui apa saja yang harus mereka ketahui dan lakukan, khususnya dalam menjaga diri terhadap ancaman dan gangguan kamtibmas.

“Banyak memang tugas Bhabinkamtibmas selain upaya pembinaan kamtibmas dengan perangkat desa atau kelurahan dan pihak-pihak terkait lainnya. Jadi, mengingat pilkada ini serentak, bahkan Kota Cilegon dan Kabupaten Serang berdekatan, maka peran Bhabinkamtibmas bisa optimal,” tuturnya. (Himawan Sutanto)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here