Operasi Zebra Kalimaya 2019, Ratusan Kendaraan di Kabupaten Lebak Terjaring Razia

LEBAK, (KB).- Polres Lebak menggelar Operasi Zebra Kalimaya 2019 di sejumlah lokasi di Kota Rangkasbitung, Rabu (23/10/2019). Dalam razia tersebut, petugas menjaring 100 pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Kepala Unit Turjawali Polres Lebak Ipda Agung mengatakan, operasi tersebut dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan tertib lalu lintas. Operasi ini juga sekaligus menyosialisasikan kepada pengendara agar tidak menggunakan handphone saat berkendara dan berlebihan dalam membawa muatan.

“Operasi Zebra kita pusatkan di depan pos jembatan dua. Sasarannya sendiri untuk pengendara yang tidak menggunakan helm dan melawan arus,” katanya.

Pada hari pertama razia, petugas menjaring 100 pengendara yang melanggar lalu lintas. Di antaranya pengendara yang tidak memiliki dokumen surat kelengkapan kendaraan, seperti tidak membawa STNK dan tidak memiliki SIM serta tidak menggunakan helm.

Berdasarkan data unit Lakalantas Polres Lebak, sejumlah titik dinyatakan rawan kecelakaan atau black spot juga trouble spot. Di titik itulah terjadi banyak kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas sehingga dilakukan razia.

“Cara bertindaknya yaitu dengan mengedepankan penegakan hukum secara preventif. Kita juga sosialisasi terkait e-SIM dalam Operasi Zebra. Diharapkan masyarakat lebih patuh dan tertib. Mudah-mudahan menimbulkan kesadaran pengendara agar taat berlalu lintas, seba,” katanya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here