Selasa, 11 Desember 2018

Operasi Zebra Kalimaya 2018 Berakhir, Polres Serang Diserbu Pemohon SIM

Kantor pembuatan dan pelayan surat izin mengemudi (SIM) Polres Serang diserbu warga pemohon SIM, sehari setelah Operasi Zebra Kalimaya 2018 berakhir. Ruang loket pendaftaran maupun lokasi test drive dan tes lainnya mendadak penuh sesak dengan antrean warga pemohon SIM.

“Hampir setiap hari berdatangan untuk mengurus pembuatan SIM C. Banyak warga yang membuat SIM C, apalagi para kalangan muda yang mendominasi,” kata Kaur SIM Polres Serang Iptu Edison.

Dia mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas dalam berkendara, meski operasi zebra telah selesai. “Masyarakat tetap mengutamakan keselamatan dalam berkendara, warga tetap taat aturan lalu lintas,” ucapnya.

Selama Operasi Zebra yang berlangsung di wilayah hukum Polda Banten, pelanggaran lalu lintas masih didominasi oleh pengendara roda dua sebanyak 12.224 orang dan 2.271 pengemudi roda empat atau lebih. Jenis pelanggaran lalu lintas berdasarkan hasil operasi tahun ini juga masih didominasi pengemudi roda dua yang tidak menggunakan helm.

Tercatat, 3.594 pengemudi yang tidak menggunakan helm telah ditilang, kemudian 881 pengemudi melawan arus, 27 pengemudi menggunakan HP saat berkendara, 31 pengemudi di bawah umur, dan 7.691 pelanggar lainnya.

“Pengguna motor masih dominan, jumlahnya 12.224 tilang, kemudian pengemudi mobil penumpang 1.430, mobil barang 733, mobil bus 86 tilang dan kendaraan khusus 22 tilang,” ujar Kabid Humas Polda Banten AKBP Whisnu Caraka.

Adapun jumlah penindakan Operasi Zebra Kalimaya itu berasal dari jajaran Polresta Tangerang dengan 4.300 tilang, Polres Lebak 2.757 tilang, Polres Serang Kota 1.850 tilang, Polres Cilegon 1.729 tilang, Polres Serang 1.474 tilang, Ditlantas Polda Banten 1.344 tilang dan Polres Pandeglang 1.041 tilang.

“Untuk data profesi pelanggar lalu lintas kebanyakan karyawan dan pekerja swasta sebanyak 10.128 orang. Kemudian 2.434 mahasiswa atau pelajar, 942 pengemudi, 776 ASN, 2 dari anggota polri dan 2 dari anggota TNI,” kata Kabid Humas Polda Banten.

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten merilis hasil Operasi Zebra Kalimaya selama 30 Oktober – 12 November 2018, jumlah pelanggaran lalu lintas tercatat mengalami penurunan sebesar 20 persen dibanding tahun lalu.

Dari hasil operasi selama dua pekan tersebut, jumlah pelanggaran lalu lintas pada operasi zebra tahun ini mengalami penurunan hingga 3.705 kasus. Pelanggaran terbanyak didominasi oleh para pengemudi yang tidak membawa surat-surat kendaraan bermotor. Meskipun demikian, jumlah pelanggaran pada saat operasi tersebut masih terbilang tinggi. Tercatat, petugas di seluruh wilayah hukum Polda Banten telah menilang 14.495 pengendara yang melanggar lalu lintas. (Rifat Alhamidi)*


Sekilas Info

Penyertaan Modal Bank Banten Terancam Jadi Silpa

SERANG, (KB).- Penyertaan modal untuk PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten Tbk (Bank Banten) terancam menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *