Rabu, 16 Januari 2019

‘Open Bidding’ Jabatan Sekda Banten, Pejabat Kab/Kota Bisa Bersaing

SERANG, (KB).- Pejabat Eselon II di pemerintahan kabupaten/kota di Provinsi Banten bisa bersaing dalam seleksi terbuka (open bidding) Sekda Banten, dengan longgarnya persyaratan seleksi terbuka itu karena tidak mencantumkan persyaratan pangkat dan golongan. Namun untuk menghasilkan sekda yang memiliki integritas dan kompeten, tim seleksi (timsel) harus bersikap objektif.

Hal itu dikatakan Dekan FISIP Universitas Serang Raya (Unsera) Abdul Malik, Jumat (14/12/2018), ketika dimintai tanggapan terkait seleksi terbuka JPT Madya Sekda Banten yang persyaratannya longgar. Dalam pengumuman seleksi terbuka disebutkan, tidak disebutkan ketentuan kepangkatan dan golongan sebagai persyaratan calon Sekda Banten.

Persyaratan calon Sekda Banten, di antaranya memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau Diploma IV, memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultur sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan.

Selanjutnya, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat 7 tahun, sedang atau pernah menduduki jabatan JPT Pratama atau JF jenjang ahli utama paling singkat dua tahun, usia paling tinggi 57 tahun, telah mengikuti minimal pendidikan dan pelatihan tingkat II bagi pejabat struktural.

“Kenapa enggak kita kasih kesempatan (pejabat daerah bersaing di seleksi terbuka Sekda Banten). Kelonggaran persyaratan yang tidak mencantumkan pangkat dan golongan, menurut saya sesuatu yang baik. Barangkali kita menemukan ada emas sesungguhnya dari pejabat daerah yang punya potensi untuk masuk,” ujarnya.

Ia tidak mempermasalahkan persyaratan yang dicantumkan oleh timsel. Selama persyaratan itu tidak melanggar peraturan di atasnya, seperti undang-undang dan peraturan pemerintah. “Substansinya adalah bagaimana dengan lelang ini kemudian terpilih pejabat sekda yang memang kompeten, punya kapasitas juga yang tidak boleh lupa itu dia punya integritas,” ucapnya.

Ia menekankan, agar timsel memiliki integritas dan bersikap objektif dalam menilai seluruh peserta yang daftar. “Tuntutannya timsel betul-betul tidak dipengaruhi oleh kepentingan para calon, secara supaya menang dan lain sebagainya,” tuturnya.

Menurut dia, timsel harus memperlakukan seluruh peserta yang daftar secara adil. Akan tetapi, timsel boleh menjagokan salah satu peserta dengan berdasarkan pada penilaian objektif. “(Semua peserta memiliki) kesempatan sama,” katanya.

Ia berharap, seleksi terbuka ini menghasilkan sekda yang memiliki integritas dan kompeten. Ia harus mampu menjadi teladan bagi pejabat birokrasi Pemprov Banten serta mampu menjembatani komunikasi antara pemprov dengan DPRD Banten.

“Sekda itu harus mampu mengharmonisasi birokrasi, kemudian mampu menjadi jembatan penghubung yang baik bagi kepentingan politik di dalamnya. Dalam arti misalnya mampu berkomunikasi dengan baik dengan DPRD. Sehingga apa yang diorientasikan untuk kepentingan rakyat atau berjalan dengan baik,” ujarnya.

Terkait posisi sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), sekda juga harus pandai menganilisa anggaran yang diajukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD). “Kalau misalnya ada anggaran fiktif harus bisa menyampaikan kepada gubernur persoalan tersebut,” kata Abdul Malik.

Sementara itu, seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Sekretaris Daerah Provinsi Banten dibuka secara nasional. Selain di portal Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten, lelang jabatan Sekda Banten juga diumumkan melalui portal Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Berdasarkan pantauan Kabar Banten, Jumat (14/12/2018), seleksi terbuka JPT Madya Sekda Banten di portal LAN sudah dilihat sebanyak 113 viewers. Sementara, sudah ada sekitar 47 unduhan file pengumuman lelang jabatan Sekda Banten tersebut. (SN)*

 


Sekilas Info

KAWAL INTEGRITAS PEMILU, LIPI KELUARKAN 10 IMBAUAN

SERANG, (KB).- Pemungutan suara Pemilu Serentak 2019 akan diselenggarakan pada 17 April 2019. Saat ini tahapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *