”Open Bidding” Dua Jabatan di Pemkot Serang, Komisi I Akan Panggil BKPSDM

SERANG, (KB).- Komisi I DPRD Kota Serang akan melayangkan pemanggilan kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang, terkait pelaksanaan open bidding dua jabatan di Pemkot Serang.

Ketua Komisi I DPRD Kota Serang Bambang Janoko mengatakan, sejauh ini tidak pernah ada komunikasi dari OPD terkait pelaksanaan open bidding. Padahal, Komisi I yang membidangi pemerintahan merupakan mitra kerja OPD di Pemkot Serang.

“Komisi I sebagai mitra kerja tidak pernah ada komunikasi dari OPD BKPSDM. Makanya, dari Komisi I akan memanggil BKPSDM,” kata politikus PDIP tersebut kepada Kabar Banten, Jumat (13/12/2019).

Ia menuturkan, pemanggilan tersebut, untuk meminta penjelasan kepada BKPSDM terkait pelaksanaan open bidding. Termasuk di antaranya ada peserta yang berasal dari jabatan eselon II, yang akan diminta penjelasannya dari sisi regulasi.

“Ingin menanyakan sejauh mana tentang open bidding itu, termasuk adanya peserta dari eselon II,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Serang Ritadi B Muhsinun menuturkan, bahwa terkait open bidding, pihaknya tidak pernah menginformasikan kepada Komisi I. Namun, ujar dia, untuk kegiatan lain BKPSDM seringkali memberikan surat tembusan ke Komisi I sebagai mitra kerja.

“Ada beberapa kegiatan yang ditembuskan melalui surat, kalau open bidding ini kami gak memberitahukan,” ucapnya.

Terkait rencana pemanggilan dewan tersebut, dia belum mengetahuinya. Namun, sepengetahuannya OPD tidak harus melaporkan kepada dewan. Tetapi, hanya sebatas pemberitahuan berupa surat tembusan.

“Setahu saya kan dewan itu cuma tiga tupoksinya, pengawasan, budgeting, dan legislatif, sebatas pengawasan saja,” katanya.

Namun, dia memastikan, akan hadir jika ada pemanggilan dari dewan. Hal tersebut sebagai bentuk komunikasi terhadap mitra kerja. Untuk pelaksanaan open bidding sendiri, ujar dia, saat ini sudah memasuki tahapan wawancara.

“Itu kan mitra, siap saja kami, mungkin kan bukan ini saja termasuk hal-hal lain,” ujarnya.

Diketahui, dua Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang dilelang, yaitu jabatan Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Staf Ahli Wali Kota Bidang Pembangunan dan Perekonomian.

Jabatan Asisten Daerah Bidang Pemerintahan (Asda I) diperebutkan oleh 11 peserta, yaitu Koswara Mulyana, Hudori KA, Nursalim, UM Rachmat Hidayat, Budi Martono, Tedi Kusnadi, Anthon Gunawan, Subagyo, Raden Noer Iman Wibisana, Arif Rahman Hakim, dan Yoyo Wicahyono.

Kemudian, untuk jabatan Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan diperebutkan 13 peserta, yaitu Sony August, Diat Hermawan, Alpedi, Nofriadi Eka Putra, Agus Suryadin, Tendian, Gema Advaita, Ahmad Yani, Kristiyanto, Huodri KA, UM Rachmat Hidayat, Budi Martono, serta Anthon Gunawan. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here