Senin, 21 Mei 2018

OPD Diminta Segera Buat RUP

CILEGON, (KB).- Kepala Badan Pengelolaan dan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Syafrudin meminta organisasi perangkat daerah (OPD) segera menyusun Rencana Umum Pengadaan (RUP) 2018. Hal tersebut sebagai upaya peningkatan penyerapan anggaran pada APBD 2018.

“Setelah RAPBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Cilegon 2018 disetujui legislatif, harapan saya OPD langsung menyusun RUP. Paket-paket apa saja yang akan dikerjakan di 2018 nanti, tolong langsung serahkan kepada kami,” katanya, Kamis (23/11/2017).

Ia berencana akan memulai tahapan lelang di Desember mendatang. Untuk itu, dia meminta OPD menanggapi permintaan tersebut. “Lelang akan mulai dibuka pada Desember mendatang. Semua paket bisa langsung dilelangkan hingga ada pemenangnya,” ujarnya.

Menurut dia, percepatan pembangunan sangat bergantung pada percepatan RUP yang dibuat OPD. Ia menjelaskan, ada dua aturan yang mendasari percepatan penyusunan RUP oleh SKPD, yakni Pasal 22 & 25 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah serta Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ( LKPP) Nomor 13 Tahun 2012 tentang Pengumuman Rencana Umum Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. “RUP menggunakan SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan ), aplikasi yang disediakan LKPP dalam LPSE,” ucapnya.

Ia menuturkan, pelaksana pengadaan barang dan jasa harus diawali dengan menggunakan paket-paket pengadaan dalam aplikasi yang telah disediakan. Jika RUP belum diumumkan, maka paket tersebut tidak bisa dilelang, karena setiap tender membutuhkan kode RUP. (AH)***


Sekilas Info

Audiensi Buntu, Warga Priuk Tutup Cilegon Center Mall

CILEGON, (KB).- Warga Priuk, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon dibantu berbagai elemen masyarakat Kota Cilegon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *