Sabtu, 20 Oktober 2018

Ongkos Haji 2018 Naik

SERANG, (KB).- Ongkos berangkat haji ke Tanah Suci untuk 2018 ini naik. Kementerian Agama menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2018 sebesar Rp 35.253.602 juta per jemaah calon haji, naik Rp 345.000 dari tahun lalu.

Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten, Deni Rusli mengatakan, kenaikan ongkos haji tahun ini didorong oleh penerapan pajak pertambahan nilai (PPn) sebesar 5 persen yang diberlakukan Pemerintah Arab Saudi. PPn 5 persen tersebut, meliputi beberapa jenis barang dan jasa, transportasi, serta katering.

“Ongkos haji naik menjadi 0,99 persen. Ada tiga komponen kenaikan pertama PPn, kedua avtur pesawat, dan ketiga kurs nilai tukar rupiah. Peningkatan pelayanan haji akan dilakukan dalam penyediaan makanan. Jika tahun lalu, jumlah makan jemaah haji hanya 25 kali, pada tahun ini jumlah tersebut ditambah 15 menjadi 40 kali,” katanya kepada Kabar Banten, Kamis (15/3/2018).

Ia menuturkan, tahun ini kuota haji di Banten 9.420 jemaah calon haji. Masih sama dengan tahun kemarin. Kenaikan ongkos haji tersebut dapat meningkatkan pelayanaan terhadap calon haji selama menunaikan ibadah haji. Kenaikan tersebut wajar, karena sesuai dengan pelayanaan yang diterima para jemaah haji.

“Persiapan terus dilakukan, seperti perlengkapan dokumen-dokumen. Kami menginginkan tingkat kepuasaan pelayanan naik dari tahun lalu 84,84 persen untuk tahun ini bisa 85.00 persen. Biaya haji di Banten mengikuti embarkasi Jakarta nilainya tidak berbeda jauh,” ujarnya. Ia berharap, kenaikan ongkos haji tersebut dapat lebih baik dari pelayanan yang diberikan untuk para jamaah. Dari mereka berada di embarkasi hingga keberangkatan mereka ke Tanah Suci.

“Harapannya lebih baik, jemaah lebih puas tentang pelayanaan ibadah haji ini sejak di tanah air. Mulai dari pengurusan dokumen jemaah lebih baik. Kedua pelayanan di embarkasi 24 jam. Pemantapan lagi masyarakat puas dan disediakan makan juga serta nyaman dalam perjalanan dari mulai gelombang pertama hingga seterusnya,” tuturnya. (DE)***


Sekilas Info

Sambut HSN, Ribuan Santri Gerak Jalan  

SERANG, (KB).-‎ Ribuan  santri dan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) se Banten mengikuti gerak jalan dalam rangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *